13 Sekolah di Basel Terapkan Inovasi Pengolahan Sampah

13 Sekolah di Basel Terapkan Inovasi Pengolahan Sampah

Hefi Nuranda--

BABELPOS.ID, TOBOALI - Kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan semakin tinggi di Kabupaten Bangka Selatan (Basel). Berbagai macam inovasi telah diterapkan masyarakat untuk membuat lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat. Termasuk di lingkungan sekolah.

Saat ini setidaknya ada 13 sekolah di Bumi Junjung Besaoh yang memiliki program peduli lingkungan khususnya dalam penanganan sampah.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bangka Selatan Hefi Nuranda menyampaikan, kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan semakin tinggi di masyarakat.

"Hal ini yang perlu diterapkan sedari dini yaitu melalui guru di sekolah," ungkapnya.

Hasil dari penerapan budaya tidak membuang sampah sembarangan sudah terlihat nyata. Ini merupakan hasil dari berbagai program dan promosi yang diciptakan.

"Mulai dari melihat sampah ambil (Melisa), serbu sampah sampai bersih (serasi), Bank sampah sekolah dan satgas peduli lingkungan," jelas Hefi.

Ia menegaskan kesadaran tentang menjaga lingkungan perlu tanamkan sedari dini, mulai dari sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

"Apa yang sekolah-sekolah ini lakukan sesuai dengan program kita dari DLH Basel, yaitu DLH Go To School," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Basel Riza Herdavid mengatakan, sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh sekolah terkait peduli terhadap lingkungan terutama sampah.

" Hal-hal kecil yang kita tanamkan kepada anak-anak kita ini, akan berpengaruh dengan tumbuh kembang mereka," ungkapnya.

Terlebih lagi guru-guru di sekolah juga bekerja sama dengan para anak murid untuk mengeolah atau mengelola sampah.

"Harapannya semakin banyak sekolah sekolah di Basel yang membuat inovasi tentang kebersihan lingkungan, karena apabila lingkungan kita bersih tumbuh kembang anak pun juga baik," pungkas Bupati Riza.

Berikut daftar sekolah di Basel yang sudah mempunyai inovasi kepedulian lingkungan:

- SMP 1 Toboali: Satgas Peduli Lingkungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: