Jaga Kamtibmas di Wilkum Polresta, Perkuat Sinergitas dengan Seluruh Elemen

Jaga Kamtibmas di Wilkum Polresta, Perkuat Sinergitas dengan Seluruh Elemen

--

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Kapolresta Pangkalpinang, Kombes Pol Gatot Yulianto menggelar tatap muka bersama dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat, ketua organisasi kemasyarakatan dan elemen masyarakat, Kamis (9/2/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Sarja Arya Racana Mapolresta Pangkalpinang ini dilaksanakan dalam rangka menjaga dan memelihara situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polresta Pangkalpinang.

Kombes Pol Gatot mengatakan, selain dalam rangka menjaga dan memelihara situasi kamtibmas, kegiatan ini juga sekaligus sebagai ajang silaturahmi dirinya kepada masyarakat.

Sebab sejak dirinya menjabat Kapolresta Pangkalpinang pada 10 Januari 2023 lalu, sampai saat ini dirinya belum memiliki waktu untuk bersilaturahmi kepada stakholder, forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat hingga organisasi kemasyarakatan lantaran adanya tugas yang harus dilaksanakan.

"Sebagai orang baru di Pangkalpinang, sayalah yang harus datang silaturahmi ke seluruh elemen masyarakat, tapi ini malah sebaliknya. Saya ucapkan terima kasih sekaligus apresiasi. Saya berharap saya diterima sebagai warga Pangkalpinang, sehingga saya bisa menjalankan tugas dengan sebaik- baiknya," ujar Kombes Pol Gatot mengawali tatap muka.

Gatot mengaku bahwa bahwa dalam menjaga kamtibmas khususnya di wilayah hukum Polresta Pangkalpinang, pihak kepolisian tidak dapat bekerja sendiri, sehingga membutuhkan peran serta dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

Karena itu, dia berharap sinergitas yang sudah terjalin selama ini dapat diperkuat, sehingga kamtibmas Pangkalpinang yang aman dan kondusif benar-benar dapat diwujudkan.

"Sejak saya menjabat sebagai Kapolresta Pangkalpinang, saya sudah berniat, jiwa raga saya untuk Kota Pangkalpinang. Jadi saya harus bisa menjaga kondusifitas Kota Pangkalpinang, dan ini sudah saya sampaikan dijajaran saya, harus menjaga dan melayani masyarakat Pangkalpinang. Tapi sekali lagi, kami tidak bisa bekerja sendiri, kami sangat membutuhkan peran dan dukungan seluruh elemen masyarakat," tegas Gatot.

Dikatakan Gatot, sejak awal menjabat, dirinya sudah berkomitmen untuk tidak  memberikan ruang bagi empat jenis tindak kejahatan di Kota Pangkalpinang. Empat tindak kejahatan tersebut yakni radikalisme, intoleran, premanisme dan kekerasan.

"Saya sampaikan di forum ini, untuk empat tindak pidana ini, tidak ada ruang untuk mereka beraksi di Kota Pangkalpinang. Apabila ada riak-riak sedikit, lakukan penangkapan, siapapun itu," kata Gatot.

Komitmen ini, lanjut Gatot, dilaksanakan hanya demi keamanan Kota Pangkalpinang. Sebab menurutnya, dengan kota aman, tentunya perekonomian masyarakat  akan berjalan dengan baik, terlebih saat ini Pangkalpinang sudah kategori wilayah endemi dari covid-19.

"Jadi mari kita tingkatkan dan perkuatkan sinergi ini, jadi perlu kerjasama semua pihak, kita tidak bisa bekerja sendiri, perlu ada support dan doa dari seluruh masyarakat. Tentunya semua ini perlu partisipasi semua, sehingga selama menjalankan tugas, kami bisa berjalan secara optimal," pinta Gatot sembari menambahkan kegiatan silaturahmi ini akan menjadi agenda rutin.

Sementara itu, Ketua Pokdarkamtibmas Kota Pangkalpinang, Jumli Jamaludin memberikan apresiasi atas komitmen Kapolresta Pangkalpinang untuk menjaga kamtibmas di Kota Pangkalpinang.

Saat ini, menurut dia, kamtibmas di Kota Pangkalpinang terbilang kondusif. Namun demikian, baik pihak kepolisian maupun masyarakat harus tetap waspada terhadap ancaman dan gangguan kamtibmas di Kota Pangkalpinang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: