Komisi II DPRD Babel ke Indramayu, Ini yang Dicari

Komisi II DPRD Babel ke Indramayu, Ini yang Dicari

Anggota Komisi II DPRD Babel saat mengunjungi DKP Indramayu. --

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Komisi II DPRD Bangka Belitung (Babel) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat (Jabar), tepatnya ke kantor Dinas Kelautan Perikanan (DKP) serta Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Koperasi Perikanan Laut (KPL) Mina Sumitra, pada Selasa (7/2).

Wakil Ketua Komisi II Ranto Sendhu menuturkan, tujuan kunker tersebut guna menggali ilmu tentang strategi kabupaten Indramayu meningkatkan sumber pendapat asli daerahnya melalui sektor perikanan.

"Dari kunjungan itu, diketahui sektor perikanan di Indramayu menyumbang Rp12,3 miliar ke PAD atau sekitar 80 persen," ungkapnya, Rabu (8/2) kemarin.

BACA JUGA:Total Usulan Alokasi Anggaran Pilkada Rp 106 M, DPRD Babel 'Cukup Tahu Aja'

Strategi yang dilakukan, kata Ranto, dilakukan lewat kolaborasi dengan koperasi. Setidaknya ada tiga model pelelangann yakni umum, timbang dan angkutan langsung di mobil.

Ada juga pemanfaat air laut untuk produksi garam, sentra kerupuk dan penjualan peralatan tangkap nelayan, serta usaha lainnya seperti cold storage, simpan pinjam bagi nelayan SPBN hingga pabrik es. Tercatat ada 54 pemilik kapal yang memanfaatkan keberadaan koperasi ini.

BACA JUGA:Paripurna DPRD Babel Hasilkan 2 Raperda

"Lewat pengelolaan yang baik dengan dukungan 13 koperasi rujukan kementerian di bawahnya, sektor perikanan tangkap menjadi potensi terbesar di Jabar," jelas politisi Partai Demokrat ini.

"Komisi II memberikan apresiasi luar biasa kepada Indramayu yang dapat melakukan pembinaan kepada nelayan sehingga tidak tergoda untuk menjual perikanan hasil tangkap kepada daerah lain sehingga dapat bersama dan bersinergi dengan pemerintah setempat memajukan Indramayu melalui pengelolaan koperasi daerah. Semoga ini bisa diterapkan juga di Babel," ungkapnya.(**)

BACA JUGA:Ketua Komisi IV DPRD Babel Ajak Masyarakat Peduli Korban Gempa Cianjur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: