Kantor Bahasa Babel Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka di Bateng

Kantor Bahasa Babel Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka di Bateng

-Kantor Bahasa Kep. Babel-

 - Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar kegiatan Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka di Kabupaten Bangka Tengah, Senin  6 Februari 2023, di Hotel Grand Vella.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisaikan UKBI Adaptif Merdeka dan meningkatkan partisipasi sekolah dalam pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka, terutama di Kabupaten Bangka Tengah," kata Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Irsan, S.S., M.Hum.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 50 peserta yang terdiri atas Dinas Pendidikan beserta Kepala SMP dan SMA/SMK/MA di Kabupaten Bangka Tengah.

Muhammad Irsan mengatakan bahwa UKBI merupakan alat ukur kemahiran berbahasa Indonesia yang perlu dilaksanakan bagi pelajar. Pelaksanaan Sosialisasi UKBI ini sengaja diawali di Kabupaten Bangka Tengah, karena pada tahun 2022 Kabupaten Bangka Tengah mendapatkan beberapa penghargaan dari Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkait dengan Pembinaan dalam Pengutamaan Penggunaan Bahasa Negara pada Lembaga. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Drs. Iskandar, yang turut hadir membuka kegiatan, dalam sambutannya mengatakan bahwa UKBI memiliki banyak manfaat, salah satunya ialah untuk mengukur tingkat keberhasilan asesmen nasional. 

Apabila nilai perolehan UKBI siswa meningkat, kemampuan literasi dan nilai asesmen siswa pun akan semakin meningkat," kata Iskandar.

Oleh sebab itu, Iskandar mengimbau seluruh kepala SMA/SMK/MA dan SMP untuk mewajibkan UKBI bagi seluruh siswanya. 

Ia meminta para kepala sekolah untuk memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik mungkin agar nantinya kemahiran berbahasa Indonesia dan literasi peserta didik semakin meningkat.

Selanjutnya, Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak peserta untuk menandatangani Komitmen Bersama terkait dengan pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka di lingkungan Dinas Pendidikan dan sekolah sebagai bagian dari upaya untuk memperbaiki mutu pembelajaran di Kabupaten Bangka Tengah. 

Harapan ke depannya, partisipasi sekolah dalam pelaksanaan UKBI di Kabupaten Bangka Tengah semakin meningkat.

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan dari Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah atas dukungan dan fasilitasi yang diberikan dalam kegiatan Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka di Kabupaten Bangka Tengah dan diakhiri dengan foto bersama.(bgs/rel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: