Cabai Tani Serdadu Dipanen Gubernur dan Bupati

Cabai Tani Serdadu Dipanen Gubernur dan Bupati

Pj Gubernur Babel dan Bupati Bangka melakukan panen bersama cabai di kebun Kelompok Tani Serdadu Puding Besar. --

BABELPOS.ID, PUDING BESAR - Pj Gubernur Ridwan Djamaludin dan Bupati Bangka Mulkan melakukan panen cabai di kebun bersama milik Kelompok Tani Serdadu desa PUDING BESAR Kabupaten Bangka, Jumat (3/2/2023).

Pj. Gubernur Ridwan Djamaludin mengucapkan terima kasih kepada kelompok Tani Serdadu yang berhasil melakukan budaya cabai.

"Saya mengajak kepada para petani cabai, untuk terus membudidaya cabai. Untuk menjaga kestabilan harga, pengiriman ke pasar dan lainnya, itu biar ditangani pemerintah, karena memang salah satu hal penting yang dilakukan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat," ujarnya.

BACA JUGA:Tekan Inflasi, BI Babel Berikan Pelatihan Budidaya Cabai Bagi KWT, PKK dan Pondok Pesantren

Ridwan menegaskan Babel bukan wilayah miskin. "Orang miskin di daerah kita ini sedikit. Seluruh Indonesia, kita nomor dua paling sedikit rakyat miskinnya. Hal ini sangat bagus, tetapi kita juga harus produktif,” ujar Ridwan.

Karenanya, jika berhasil membudidaya cabai, Babel bisa menjual keluar cabai seperti komoditas lada, karet dan lainnya. 

"Saya berharap nanti pihak perbankan di daerah bisa mendukung, karena hal ini bukan hanya masalah memenuhi kebutuhan sendiri, dan membuka lapangan pekerjaan sektor pertanian, akan kita lakukan transformasi ekonomi bagi masyarakat Bangka Belitung ini," tambahnya.

BACA JUGA:Jadi Kawasan Pertanian, Ini Angka Produktivitas Cabai dan Bawang Merah di Bateng

Ridwan juga mengajak petani, selain budidaya cabai, juga diselingi beternak ayam. "Bangka Belitung ini membeli telur dari luar 600 ribu butir, dan itu sangat banyak, mengapa kita tidak berusaha bertenak ayam," imbuhnya.

"Coba dipikirkan juga, disela-sela berkegiatan menanam cabai dan lainnya, juga betenak ayam juga, sehingga semakin lama ketergantungan kita terhadap pasokan telur dan kebutuhan sehari-hari tidak selalu bergantung dari tempat lain," himbau Ridwan.     

BACA JUGA:Atasi Sawit Murah, Dinas Pertanian Bateng Usulkan 31 Hektar Pengembangan Cabai dan Bawang

Sementara itu, Bupati Bangka Mulkan SH MH mengajak semuanya untuk mendukung upaya pengembangan kawasan cabai di Kabupaten Bangka, sehingga Bangka menjadi sentra produksi cabai di Provinsi Bangka Belitung dan laju inflasi yang disebabkan karena cabai dapat dikendalikan.

"Saya juga mengucapkan selamat kepada kelompok Tani Serdadu desa Puding Besar yang bisa mengelolah lahan untuk budidaya cabai hingga dapat melaksanakan panen," ucapnya.

BACA JUGA:Atasi Sawit Murah, Dinas Pertanian Bateng Usulkan 31 Hektar Pengembangan Cabai dan Bawang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: