Warga Namang Dulang Cuan Lewat Program Bank Sampah

Warga Namang Dulang Cuan Lewat Program Bank Sampah

Zaiwan, Kepala Desa Namang, Bangka Tengah--

BABELPOS.ID, NAMANG - Sampah ternyata mampu menghasilkan keuntungan jika dimanfaatkan dengan baik. Hal inilah yang dilakukan Zaiwan, Kepala Desa NAMANG, Bangka Tengah. Melalui program bank sampah, ia bisa memberdayakan masyarakat NAMANG dengan capaian omzet hingga jutaan rupiah.

Upaya program bank sampah ini memang cukup efektif untuk mengurangi produksi sampah yang tidak berguna, di mana sampah-sampah ini nantinya dipisah menjadi beberapa bagian. Ada sampah botol, sampah kemasan makanan dan lainnya.

"Alhamdulillah saya sangat bangga, terharu dan berterimakasih kepada Desa Wisma dan PKK Namang, karena meski Bank Sampah ini baru aktif berjalan selama dua bulan, namun sudah ada Ibu-ibu yang sampahnya paling banyak hingga dapat uangnya Rp3 juta," ujar Zaiwan kepada babelpos.id pada Jumat (3/2/2023).

Ia mengatakan di Desa Namang, sepanjang anak-anak SD bersekolah, mereka pakai plastik juga turut mengumpulkan sampah dan langsung dijual ke Pak RT dan Kades.

"Jadi program bank sampah ini untuk semua kalangan masyarakat, kita jadikan sebagai budaya. Hari ini anak sekolahan jual, uangnya langsung kita cairkan," ucapnya.

Kata Dia, untuk program bank sampah ini, masyarakat Desa Namang juga bekerjasama dengan toko-toko, bahkan ia juga baru saja bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel.

"Saya bantu tiap ibu-ibu, kita buka rekening 50 ribu ke Bank Sumsel Babel, jadi mereka timbang sampah, uangnya langsung masuk ke rekening, jadi misalnya sudah satu tahun dan mau lebaran, mau beli daging 150 ribu per kilogram dan uang direkening ada 125 ribu, saya bersedia nombok 25 ribu agar ibu-ibu bisa beli daging," tuturnya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya juga memiliki program ayam, yang ke depannya masyarakat ini akan dibagikan ayam, agar sisa nasi yang tidak habis, jangan dibuang begitu saja, namun bisa dikasih makan ke ayam.

"Syukurnya semua program yang saya jalankan mendapat dukungan penuh dari masyarakat Desa Namang," imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: