23 Maret, QR Code Pengisian Bio Solar Diterapkan di Babel

23 Maret, QR Code Pengisian Bio Solar Diterapkan di Babel

--

PANGKALPINANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Bangka Belitung (Babel) memanggil pihak PT Pertamina Bangka dalam rapat kootdinasi (rakor tentang pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) wajib menggunakan QR code Bio Solar.

Berdasarkan informasi, penerapan QR code pengisian BBM ini akan diterapkan di Babel pada 23 Maret 2023 yang dimulai dengan uji coba pada 21 Februari mendatang. Rakor ini Kabid Lalulintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Babel, Erwanto.

Tampak hadiri Sales Branch Manager V Sumsel Pertamina Bangka M Angga Dexora serta Ketua Organda Babel dan jajarannya yang berlangsung di ruang Rapat Dishub Babel, Kamis (2/2) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Erwanto mengatakan bahwa Pemprov Babel menyambut baik kebijakan dari pemerintah pusatnmelalui Pertamina atas penggunaan QR code bagi pengguna kendaraan bio solar. "Dengan adanya penerapan QR code yang ada, maka bahan bakar minyak tersebut menjadi tepat sasaran dan sesuai dengan kuota harian," jelasnya.

Selain itu penerapan QR code, ungkap Erwanto BBM yang telah disubsidi oleh pemerintah tersebut tidak disalahgunakan oleh masyarakat atau sesuai dengan peruntukannya. “Masa percobaan dari tanggal 21 Februari s.d. 21 Maret 2023 dan pemberlakuan secara resmi akan dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2023," ungkap Erwanto

Sebelumnya PT Pertamina (Persero) telah melakukan uji coba pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis solar subsidi atau biosolar menggunakan QR code, mulai 1 Desember 2022 yang telah diterapkan pada 11 kabupaten/kota di Indonesia.

Akhirnya Erwanto mengharapkan melalui langkah yang telah ditentukan pemerintah ini terkait dengan penggunaan QR code dalam membeli BBM Bio Solar di SPBU, masyarakat pengguna bio solar untuk mematuhi kebijakan ini serta ke depan. "Dan pihak terkait akan melakukan sosialisasi terhadap pemberlakuaan penggunaan QR code tersebut," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: