Pemkab Beltim Gelar HLM TP2DD, Dorong Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah

Pemkab Beltim Gelar HLM TP2DD, Dorong Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah

--

BELITUNG TIMUR, BABELPOS.ID - Dalam rangka mendorong percepatan dan perluasan Digitalisasi Daerah, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur menggelar High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), Senin (30/1/2023). 

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Bupati Belitung Timur ini dipimpin langsung oleh Bupati Belitung Timur Burhanudin yang juga selaku Ketua TP2DD. 

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Belitung Timur Ikhwan Fahrozi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Faturachman, Pimpinan OPD dan Pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Manggar, Al Yoppie Kusuma.

Pertemuan HLM ini merupakan langkah awal dari Pemerintah Daerah Belitung Timur di Tahun 2023 untuk menyusun strategi sebagai upaya bersama mendorong peningkatan Indeks ETPD. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Faturachman dalam sambutannya menyampaikan kabar baik tentang progress yang telah dicapai oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur dalam mendorong ETPD, sebagaimana Indeks ETPD Kabupaten Belitung Timur telah berada di tahap digital dengan skor mencapai 95,8%. 

Peningkatan yang sangat siginifikan ini, katanya, menggambarkan bahwa Pemerintah Daerah Belitung Timur telah berhasil mendorong memanfaatkan kanal pembayaran non tunai dalam transaksi Pemerintah Daerah Belitung Timur serta pemanfaatan sistem informasi yang terintegrasi dengan baik.

"Pencapaian ini tentunya tidak terlepas dari dukungan Kepala Daerah dan kerja keras seluruh OPD serta Bank Sumsel Babel Cabang Manggar sebagai Bank RKUD yang menyediakan berbagai kanal pembayaran non tunai dan digital bagi Pemerintah Daerah Belitung Timur dalam melakukan berbagai transaksi baik belanja maupun penerimaan diantaranya pajak dan retribusi," ujar Faturachman. 

Namun demikian, Faturachman juga menyampaikan bahwa masih terdapat area yang perlu dikembangkan di tahun 2023 dan tentunya memerlukan dukungan Kepala Daerah, Pimpinan OPD dan Bank Sumsel Babel diantaranya mengoptimalkan penyediaan kanal pembayaran oleh Bank RKUD khususnya melalui e-commerce, kerja sama dengan fintech SP, implementasi QRIS Dinamis dan penyediaan fitur khusus di mobile banking Bank Sumsel Babel. 

Kemudian, lanjut Faturachman, terus mendorong implementasi program kerja ETPD tahun 2023 dengan menyusun program unggulan yang memberikan dampak strategis bagi peningkatan PAD, menjadikan ASN sebagai role model dalam menggunakan kanal non tunai untuk pembayaran pajak dan retribusi daerah dan melakukan edukasi dan sosialisasi secara masif kepada masyarakat secara kolaboratif melalui berbagai saluran komunikasi untuk meningkatkan literasi masyarakat. 

"Dengan berbagai upaya tersebut diharapkan tidak hanya memudahkan masyarakat dalam bertransaksi, akan tetapi dapat memberikan dampak strategis bagi Pemerintah Daerah yaitu mendorong optimalisasi PAD, perbaikan terhadap tata kelola keuangan Pemerintah Daerah, meningkatkan akses keuangan masyarakat dan penguatan kontrol keuangan secara sistematis," terang Faturachman. 

Selanjutnya, dalam mendukung upaya tersebut, Bupati selaku Ketua TP2DD memberikan arahan kepada seluruh anggota TP2DD untuk segera melakukan sosialisasi yang tidak hanya sebatas pemasangan baliho, namun turun langsung ke masyarakat khususnya ke perusahaan-perusahaan perkebunan dan perusahaan tambang yang ada di Kabupaten Belitung Timur yang diharapkan dapat segera dilakukan pada Triwulan I-2023. 

Disamping itu, Bupati juga mengingatkan, kegiatan sosialisasi ini juga harus dilakukan diinternal Pemerintah Daerah sehingga seluruh OPD memahami urgensi dari implementasi elektronifikasi transaksi Pemerintah Daerah. 

"Untuk itu kami meminta komitmen Bank Sumsel Babel selaku Bank RKUD untuk mendorong perluasan kanal pembayaran sebagaimana direkomendasikan oleh Bank Indonesia. Kami Pemkab Beltim siap mendukung perluasan ETPD dengan penerbitan berbagai regulasi yang akan segera mulai dipersiapkan," tukas Bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: