Polda Babel Pecat Pasangan LGBT

Polda Babel Pecat Pasangan LGBT

Kabid Humas Polda Babel, Kombes Maladi--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Dua anggota Polda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akhirnya dipecat atau PTDH (Pemberhentian Tidak Dengan Hormat) oleh Komisi Kode etik, Kamis (12/1) lalu karena diduga terkait lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

Kedua anggota yang diketahui berpangkat Bripda itu masing-masing berinisial Rf dan Ra.

Kabid Humas Kombes A Maladi menyatakan, ke 2 oknum telah melakukan perbuatan tercela. “Sehingga putusan tegas harus dijatuhkan kepada mereka berupa sanksi PTDH. Memang ini menyakitkan, tetapi guna menyelamatkan nama baik institusi Polri,”  tegasnya.

Berdasarkan laporan yang diterima dari Bid Propam, Maladi menerangkan bahwa oknum tersebut diduga melakukan pelanggaran kode etik profesi Polri berupa telah melanggar pasal 13 ayat (1) PP RI nomor 1 tahun 2003 tentang pemberhentian anggota Polri.

Selain itu, pelanggaran lain pada pasal 8 huruf C peraturan Kepolisian negara Republik Indonesia nomor 7 tahun 2022 tentang kode etik profesi Polri dan komisi kode etik polri.

Tidak hanya itu,  keduanya juga melanggar pasal 13 huruf d peraturan Kepolisian nomor 7 tahun 2022 tentang kode etik profesi polri dan komisi kode etik polri.  

"Intinya pasal-pasal tersebut berbunyi setiap pejabat Polri dalam etika kepribadian wajib mentaati dan menghormati norma hukum, norma agama, norma kesusilaan serta dalam etika kepribadian dilarang melakukan perilaku penyimpangan seksual dan disorientasi seksual," jelasnya.

Maladi juga mengingatkan  agar personel Polda Bangka Belitung tidak melakukan pelanggaran apapun yang dapat mencoreng citra Kepolisian. Maladi juga menyebutkan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir pelanggaran setiap anggota.

"Kita minta anggota dapat meminimalisir dan bahkan jangan sampai melakukan pelanggaran.  baik pelanggaran apapun,” ucapnya.

”Kita juga telah melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan membentuk karakter keimanan setiap anggota melalui kegiatan Binrohtal yang rutin dilakukan setiap minggunya," tandasnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: