Awas Ular Masuk Rumah Saat Hujan!

Awas Ular Masuk Rumah Saat Hujan!

Ilustrasi ular --

BABELPOS.ID - Musim hujan biasanya menjadi musim ular bermunculan. Berita-berita soal penemuan ular di kediaman warga juga muncul beberapa hari ini. Kenapa ular selalu muncul saat Musim hujan

Menurut Ahli Herpetologi (reptil dan amfibi) dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir Hamidy, seperti yang dilansir disway.id, ular memang banyak muncul dan ditemukan saat musim hujan.

Pertama karena volume air meningkat baik di tanah maupun di permukaan.

"Sehingga hewan tanah seperti ular atau cacing tanah akan keluar, karena tempat mereka tinggal terisi air," ujar Amir dikutip dari Kompas, Jumat, 20 Januari 2023.

"Kedua, pada awal musim hujan merupakan musim telur ular menetas baik ular berbisa maupun ular biasa." 

Amir mengungkapkan, dalam kurun waktu 5 tahun ini, di Indonesia sering dilaporkan banyak kasus temuan ular.

"Bisa juga ular lebih sering muncul karena kelembapan lebih tinggi, atau musim panas yang lebih panjang, itu kan berpengaruh terhadap suhu, apalagi suhu jadi aspek utama dalam penetasan telur ular, sehingga populasi ular meningkat," lanjut dia.

BACA JUGA:Parittiga Banjir, Waspada Buaya Berkeliaran!

Jika ular menyadari tempat tinggalnya tergenang air, maka ular akan mencari tempat untuk berteduh/shelter.

Sementara menurut Indonesia Snake Rescue, ular seringkali ditemukan ketika musim hujan karena waktu ini dimanfaatkan untuk bertelur dan menetaskan telur.

Badan tersebut menjelaskan, bulan Oktober-Desember merupakan waktu bagi telur ular menetas karena proses siklus biologi alaminya.

Tak hanya itu, induk ular, khususnya kobra, menaruh telurnya di rumah sekitar bulan Agustus-September setelah musim kawin.

Selain faktor yang sudah disebutkan, masih ada pemicu lain yang menyebabkan ular masuk rumah. Berikut di antaranya: 

1. Habitatnya dekat dengan manusia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: