Politisi Golkar Minta Pemda Bantu Pasarkan Produk UMKM Basel

Politisi Golkar Minta Pemda Bantu Pasarkan Produk UMKM Basel

H Surianto --

BABELPOS.ID, TOBOALI - Anggota DPRD Kabupaten Bangka Selatan H Surianto Dapil ll Kecamatan Air Gegas Bangka Selatan meminta pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) maksimalkan pemasaran produk Usaha Mirko Kecil Menengah (UMKM) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bangka Selatan.

Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Basel ini meminta Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan untuk selalu memaksimalkan pelayanan dalam memfasilitasi pelaku UMKM meningkatkan kualitas dan kuantitas pemasaran produknya. 

BACA JUGA:Berry Febrianto Apresiasi Komitmen Pemkab Basel Perbaikan Jalan yang Rusak

"Sejauh ini OPD terkait sudah melakukan berbagai macam upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam memasarkan produk IKM dan UMKM, seperti melakukan kerja sama dengan UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Disperindag Provinsi Babel dan mencoba menjalin kerjasama dengan pengusaha yang berada di luar daerah untuk memasarkan produk UMKM," katanya kepada wartawan pada Rabu 18 Januari 2023.

"Dan melakukan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk pengiriman produk UKM, namun untuk sekarang ini masih belum menunjukkan progres ketercapaian yang maksimal," tambahnya.

BACA JUGA:Soal Realisasi DAK Tahun 2023, H Surianto Minta Pemda Basel Tidak Lalai

Ia menyampaikan bahwa data pelaku UMKM di tahun 2021 sebanyak 33.000, dan kemungkinan di tahun 2022 terus bertambah.

Menurutnya, ditambah pada masa pandemi Covid19 pemerintah pusat menggelontorkan bantuan tunai cukup besar untuk pelaku UMKM. Pemerintah pusat pun memberikan perhatian khusus untuk pelaku UMKM, sehingga pemerintah daerah pun harusnya menghubungkan signal positif yang diberikan pemerintah pusat tersebut.

"Pemerintah daerah harus memberikan support atau dukungan yang lebih serta berkelanjutan untuk pembinaan terhadap pelaku UMKM sehingga dapat meningkatkan mutu atau kualitas dan kuantitas pemasaran produknya dengan baik, karena produk IKM dan UMKM dapat juga sebagai media promosi wisata Bangka Selatan," ujarnya.

BACA JUGA:Surianto Dorong Pemkab Basel Lakukan Percepatan Investasi di KI SADAI

Selain itu, Politisi Partai Golkar kelahiran Air Gegas ini berharap pembinaan terhadap pelaku UMKM nantinya dapat dilakukan secara komprehensif dan berkelanjutan dari mendaftarkan produk UMKM ke BPOM, sertifikat halal sampai dengan memberi sentuhan terakhir pada kemasan atau packaging yang membuat value atau nilai jual produk IKM dan UMKM tersebut semakin baik.

"Dan untuk memfasilitasi pemasaran produk IKM dan UMKM pemerintah daerah harus membuat aplikasi belanja produk UMKM yang dapat didownload oleh Android dengan mencantumkan link download atau barcode di kemasan produk serta mensosialisasikan kepada masyarakat tentang penggunaan aplikasi tersebut," tuturnya.

BACA JUGA:Jelang Hari Raya Iduladha 1443 H, Surianto Minta OPD Basel Menanggulangi PMK dengan Serius

Tak hanya itu, H Surianto pun berpesan pemerintah daerah juga harus membuat formulasi kebijakan seperti pelaku perjalan dinas ke luar daerah sebagai ikon atau duta daerah yang turut membantu mempromosikan produk IKM dan UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: