Pj Gubenur Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Plastik

Pj Gubenur Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Plastik

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Ridwan Djamaluddin--

PANGKALPINANG - Penjabat Gubernur Bangka Belitung (Babel), Ridwan Djamaluddin mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal ini mengingat tingginya resiko plastik pada lingkungan, dan pencemarannya. Tak hanya kepada masyarakat pada umumnya, hal itu juga ditekankan oleh Dirjen Minerba ini kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel. "Kalau boleh saya mengimbau, mari kita kurangi penggunaan plastik," imbau Ridwan, kemarin

Adanya perubahan kebiasaan, diyakini Ridwan, akan berdampak kepada kelestarian lingkungan sekitar. Sederhana sih caranya kalau pergi ke pasar membawa tas belanja sendiri, kalau di kantor-kantor jangan dihidangkan air dalam kemasan, kan kita bisa menyediakan dalam teko itu kemudian sediakan gelas," sebutnya.

Lebih lanjut, berkenaan dengan laporan tingginya  cemaran sampah mikroplastik di perairan sungai di Babel ini akan dibicarakan dirinya dengan Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan (DLHK) Babel agar mendapatkan data akurat berikut dengan penanganannya.

"Sekarang memang belum kita dalami, maka kita belum tahu itu (laporan) apa sampah plastik dari konsumsi rumah tangga atau industri. Nanti saya koordinasikan dengan DLHK," ungkapnya.

"Tapi kalau memang benar kita banyak menghasilkan mikroplastik itu pasti dan ukuran nano meter, itu dberbahaya. Kalaudia (mikroplastik) dimakan ikan, ikannya kita makan, berati kita makan plastik, kira-kira begitulah gambaran sederhananya," urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: