Rekrut PPS, KPU Kota Pangkalpinang Gelar CAT

Rekrut PPS, KPU Kota Pangkalpinang Gelar CAT

--

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) memasuki tahapan selanjutnya. Seleksi tes tertulis yang mewajibkan sistem Compuer Assisted Test (CAT) digelar KPU Kota Pangkalpinang di lantai 4 Kantor Gubernur Bangka Belitung, Selasa (10/1) pagi. Sebanyak 324 calon PPS akan dites dua tahap yakni pada 10 hingga 11 Januari 2023. 

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Pangkalpinang, Ruslan menjelaskan jadwal pelaksanaan CAT diagendakan pada 9-14 Januari. Namun, mereka meyakini untuk tes tertulis ratusan PPS ini pihaknya akan menyelesaikan selama dua hari. 

"Sesuai agenda dapat dilaksanakan pada rentang tanggal 9 hingga 14 Januari. Tapi ini akan kita selesaikan selama dua hari," ujar Ruslan.

Untuk penyelesaian tes tertulis ini akan dibagi menjadi tiga sesi dalam sehari. Masing-masing akan melaksanakan tes tertulis selama 90 menit.

"Tiap sesi nanti akan memakan waktu 90 menit. Kita bagi menjadi 3 sesi tes dengan tiap peserta sebanyak 54 orang. Sehari kita tes 162 orang," ungkapnya. 

Dalam tes tertulis ini, KPU Kota akan mengambil 3 kali dari kebutuhan PPS tiap Kelurahan yakni 9 orang calon. Mereka akan melalui tes wawancara KPU Kota Pangkalpinang. Rencananya, tanggal 15 Januari nanti akan dilanjutkan tes wawancara.

"Kita juga akan meminta tanggapan dari masyarakat di tiap Kelurahan. Setelah proses seleksi tes tertulis dilanjutkan dengan wawancara," imbuhnya.

Melalui tes CAT ini diharapkan dapat menghasilkan petugas yang paham tentang pengetahuan umum, pengetahuan dasar, serta pengetahuan mengenai Pemilu itu sendiri. Mereka juga diminta untuk lebih mengembangkan keilmuan tentang kepemiluan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: