Duit Pemprov Babel Utuh di BSB

Duit Pemprov Babel Utuh di BSB

Kepala Bakuda Babel M Haris- FOTO:Julian Amrie-babelpos.id-

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) melalui Badan Keuangan Daerah (Bakuda) memberikan klarifikasi terkait pemberitaan penarikan sejumlah dana dari Bank SumselBabel.

Ditegaskan bahwa hingga saat ini kas keuangan daerah Pemprov Babel masih utuh sepenuhnya di BSB. Demikian ini disampaikan Kepala Bakuda Babel, M Haris kepada babelpos.id, Sabtu (7/1).

Diterangkan Haris, saat ini keuangan Pemprov Babel dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) tahun anggaran 2022 di BSB tak lebih dari Rp900 Miliar, bukan Rp1,1 Triliun.

"Dapat data dari mana mereka kalau ada anggaran segitu? Dana SILPA 2022 hanya Rp900 Miliar. Dan dana ini masih tetap disimpan di Bank SumselBabel," tegasnya.

Kendati diakui Haris, sejauh ini memang pihaknya berencana untuk memindahkan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) milik Pemprov Babel ke perbankan lain dengan tujuan mendapatkan selisih bunga untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Namun belum kami lakukan. Dan dalam aturan terkait pengelolaan keuangan daerah, Pemprov dapat menempatkan investasi dana ke bank pemerintah sebagai upaya menambah PAD," ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Haris, selaku pengelola keuangan daerah Pemprov Babel dirinya sangat bertanggung jawab atas informasi itu. “Silahkan cek di BSB, saya yang mengelola uang daerah, saya bertanggung jawab,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: