Gelar Workshop P4GN, Kesbangpol Babel Perkuat Sinergi 2023

Gelar Workshop P4GN, Kesbangpol Babel Perkuat Sinergi 2023

Workshop P4GN yang digelar Badan Kesbangpol Babel.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANGWorkshop  Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkotika dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekursor Narkotika diselenggarakan oleh Badan Kesatuan dan Politik  (Kesbangpol)  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (14 / 12/ 2022 ) di Ballroom Bangka City Pangkalpinang.

Kepala Badan Kesbangpol Babel, Toni Batubara menyampaikan bahwa kegiatan dilaksanakan dalam rangka P4GN sesuai Undang - Undang nomor 35 tahun 2009  tentang Narkotika, Instruksi Presiden nomor 12 tahun 2020 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap  narkotika dan prekursor narkotika tahun 2020-2024, Permendagri nomor 12 tahun 2019 tentang fasilitasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan precursor narkotika, perda nomor 5 tahun 2015 tentang penanggulangan penyalahgunaan narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya dan Pergub nomor 39 tahun 2018 tentang peraturan pelaksanaan perda nomor 5 tahun 2015 tentang penanggulangan penyalahgunaan narkoba psikotropika dan zat adiktif lainnya.

“Kita semua mempunyai tanggung jawab untuk memberantas dan menyelamatkan anak bangsa dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Karena sesuai dengan pesan Presiden Jokowi saat peringatan hari anti narkoba tahun 2022, bahwa Indonesia sudah menghadapi darurat narkoba.  Ini menandakan bahwa masyarakat kita sudah sangat tercemar narkoba sebagai pemakai hingga bandar,” ujar Toni didampingi Kabid Ketahanan Ekonomi Sosial dan Budaya,  Diyah Fitri Inayati.

Dijelaskannya, peran Badan Kesbangpol Babel dalam upaya penanggulangan penyalahgunaan napza, antara lain membuat Perda dan Pergub tentang napza, membentuk tim terpadu P4GN dan menyusun rencana aksi daerah tentang P4GN.

Badan Kesbangpol Babel bersama seluruh stakeholder BNN, kepolisian, bea cukai, lembaga pendidikan, aktivis/LSM,  tokoh agama dan tokoh masyarakat terus menjalin sinergitas fasilitasi P4GN bersama Pemda dan telah sukses melaksanakan berbagai rencana aksi P4GN di tahun 2022. Dan akan semakin diperkuat di tahun 2023.

Kegiatan tersebut, yakni mulai dari pembentukan dan penyebaran informasi tentang pencegahan bahaya narkotika dan precursor narkotika kepada pejabat negara, ASN, prajurit TNI, polri dan masyarakat. Pembentukan regulasi tentang P4GN di lingkup kementerian, lembaga dan Pemda, tes urine kepada seluruh ASN di lingkungan kementerian, lembaga dan pemda. Pembentukan satuan tugas /relawan anti narkoba dan precursor narkotika, hingga pengembangan topik anti narkotika dan prekusor narkotika ke dalam satu materi seluruh lembaga pendidikan dan pelatihan pengawai ASN  dan pendidikan kedinasan.

“Saya optimis BNN, Kesbangpol, Dinas Pendidikan, kepolisian dan pemangku kepentingan lainnya mampu memperkuat kerjasama dan menelurkan konsep Sekolah Bersinar (Bersih Narkoba) telah dicanangkan sejak periode kepemimpinan gubernur Erzaldi-Fatah sebagai salah satu mata ajar yang disertakan dalam penerapan kurikulum di sekolah. Sembari berjalan, program ini juga dievaluasi, supaya semakin tearah dan sesuai visi dan misi yang kita harapkan untuk melindungi generas muda dari penyalahgunaan narkoba," jelasnya.

Workshop ini selain dihadiri berbagai element masyarakat sekaligus menghadirkan pembicara dari BNNP Babel, Kepolisian dan Kesbangpol Babel. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: