Zuristyo Firmadata Ajak Masyarakat Pahami Peran BUMN Waskita Karya

Zuristyo Firmadata Ajak Masyarakat Pahami Peran BUMN Waskita Karya

--

Dalam Mendorong Kemajuan Perekonomian UMKM Bagi Indonesia

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Anggota DPR RI Komisi VI Zuristyo Firmadata, S.E., M.M. mensosialisasikan peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Negera (BUMN) dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi, di Hotel Fox Haris Kota Pangkalpinang, Kamis (8/12/2022).

Zuristyo Firmadata dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan agar masyarakat mengetahui serta memahami peran BUMN Waskita Karya dalam mendorong kemajuan perekonomian UMKM bagi Indonesia, khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Sebab menurut dia, saat ini masih banyak masayarakat belum mengetahui serta memahami peran Waskita Karya.

“Perusahaan ini telah berhasil membangun berbagai infrastruktur yang ada di Indonesia. Diharapkan pembangunan di berbagai sektor yang dilakukan oleh Waskita Karya juga dapat dirasakan secara positif terhadap kemajuan perekonomian para penggiat UMKM di manapun berada,” harapnya.

Waskita Karya sendiri memiliki visi menjadi perusahaan terdepan dalam membangun ekosistem yang berkelanjutan, dengan sejumlah misi, antara lain meningkatkan kompetensi sumber daya manusia berlandaskan nilai inti perusahaan AKHLAK.

"Misi lainnya adalah menghadirkan produk dan jasa berkualitas terbaik dengan menggunakan teknologi terkini dan sistem terintegrasi, memperhatikan kepedulian sosial dan keseimbangan lingkungan dalam aktifitas bisnis perusahaan serta beberapa misi lainnya," kata Zuristyo. 

Waskita Karya berdiri pada tahun 1961 melalui proses nasionalisasi perusahaan asing yang awalnya bernama Volker Aannemings Maatschapiij N.V.

Waskita Karya mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (IPO) pada bulan Desember 2012 dengan menerbitkan saham baru sebesar Rp1,2 triliun.

Pada Juni 2015, Waskita Karya menyelesaikan aksi korporasi dengan menerbitkan saham baru (rights issue) dengan total nilai Rp 5.3 Triliun. Salah satu anak perusahaan Waskita Karya, yaitu PT Waskita Beton Precast Tbk mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui IPO pada tanggal 20 September 2016 sebesar Rp5,2 triliun.

Zuristyo menyebut, pada Desember 2021 sampai Januari 2022, Waskita Karya menyelesaikan aksi korporasi dengan menerbitkan saham baru total senilai Rp9,44 triliun.

Adapun peran Waskita Karya dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia dan luar negeri, di antaranya sebagai agen pembangunan di bidang infrastruktur terus memberikan kontribusi positif untuk seluruh masyarakat dan stakeholders dalam membangun Indonesia.

"Hal ini diwujudkan melalui pembangunan di berbagai sektor, antara lain jalan tol, bendungan, kelistrikan, bangunan gedung, bandar udara, dan jalur perkeretaapian," papar Zuristyo. 

Pada sektor jalan tol, kata Zuristyo, Waskita turut berkontribusi dalam pembangunan beberapa jalan tol dengan total panjang kurang lebih 1.300 kilometer yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: