Bupati Harap Basel Jadi Kiblat Kerukunan di Babel

Bupati Harap Basel Jadi Kiblat Kerukunan di Babel

Riza Herdavid - Bupati Bangka Selatan-ist-

BABELPOS.ID, TOBOALI - Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, ST. MTr. IP bersama istri Hj.Elizia Riza Herdavid, SE menghadiri acara Pagelaran Pentas Seni Desa Sdara Kerukunan di Halaman Kantor Desa Kaposang, Selasa (6/12/2022).

Acara yang digelar untuk meneguhkan kerukunan dalam membangun peradaban antar umat beragama.

Turut hadir Kabag TU Kantor Kementerian Agama Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Drs. H. Rebuan M. Pdi, Kepala Kantor Agama Kabupaten Basel H. Jamaludin, S. Ag. MH, Ketua MUI Kabupaten Basel H. Zahirin Sopian, SH. Perwakilan Polres Basel, Perwakilan Kejari Basel, beberapa kepala OPD  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Kepala Desa Kaposang serta tamu undangan dan masyarakat.

Dalam sambutannya Kabag TU Kantor Kementerian Agama Propinsi Kep. Bangka Belitung Drs. H. Rebuan mengajak menerapkan salah satu cara beragama yang baik yang menerapkan kompromistis bukan konfrontatif.

"Di Desa Sadar Kerukunan di Kabupaten Bangka Selatan ini kami yakin kerukunan itu sudah terjalin, sudah ada sejak lama, baik kedamaian maupun kerukunan itu sudah terlaksana. Oleh sebab itu mari dalam beragama kita terapkan salah satu dari cara yang beragama yang baik yaitu kita harapkan kompromistis  bukan konfrontatif," imbuhnya. 
BACA JUGA: PANGDAM II/SRIWIJAYA RESMIKAN MARKAS KODIM 0432/BASEL

H. Rebuan menambahkan, dalam beragama carilah kesamaannya bukan menonjolkan perbedaannya sehingga tidak saling bertentangan. "Apapun yang ada di kita marilah kita duduk bareng, kita kompromi, kita cari kesamaan, bukan menonjolkan perbedaan, sehingga tidak saling bertentangan. Mari kita laksanakan Kompromistis  dalam menjalankan keagamaan dan hilangkan kontratatif," ujarnya.

Sementara itu Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, ST. MTr. IP mengapresiasi terlaksananya acara ini dan berharap acara ini dapat membawa keberkahan untuk semua. "Kami mohon kegiatan seperti ini dijaga betul bagaimana kita mempertahankan sebuah peradaban dengan konsep kerukunan. Mudah-mudahan apa yang sudah kita lakukan di Desa Kaposang ini bisa merambah di desa-desa lainnya, sehingga kekuatan kita mempertahankan NKRI ini tidak ada yang berani masuk," ucapnya.

Lebih jauh Bupati Riza menjelaskan bahwa, kunci untuk mempertahankan NKRI  ini adalahg bagaimana kita selaku umat beragama tidak membeda-bedakan satu sama lain. "Kuncinya adalah bagaimana kita semua bersatu, tidak mudah terpropokasi, tidak membeda-bedakan dan bagaimana kita selaku umat beragama mencari kesamaannya bukan malah mencari perbedaannya," tegasnya.

Mengakhiri sambutannya Bupati Riza Herdavid berharap melalui kegiatan ini dapat semakin memperkuat memperkokoh dan mempersatukan semua dan juga berharap kedepannya Kabupaten Bangka Selatan terdepan dan menjadi Kiblat Keukunan di Propiunsi Kepulauan Bangka Belitung. (eer)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: