BPS Bangka akan Gelar Sensus Pertanian 2023

BPS Bangka akan Gelar Sensus Pertanian 2023

Peserta FGD Sensus Pertanian 2023 yang digelar BPS Bangka.--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Badan Pusat Statistik (BPS) akan melaksanakan Sensus Pertanian 2023 atau ST2023.

Sensus pertanian yang dilakukan 10 tahun sekali ini untuk memotret kondisi pertanian saat ini yang sudah banyak perubahan. 

Objek pendataan tidak hanya yang punya lahan luas atau sawah saja, tetapi seluruh masyarakat yang tidak punya lahan tetapi mengusahakan pertanian demi memperoleh penghasilan.

"Tahun depan BPS akan melaksanakan Sensus Pertanian 2023 yang mencakup seluruh rumah tangga dan usaha pertanian. Tidak hanya pertanian on farm, tetapi juga kondisi pertanian off farm subsektor tanaman pangan hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan. Semua subsektor disasar dalam sensus pertanian ini," ujar Kepala BPS Kabupaten Bangka Dewi Savitri S.ST M.Si pada kegiatan Forum Group Diskusi (FGD) di Tanjung Pesona Beach Resort Sungailiat Rabu (31/11/2022).

Dewi Savitri mengatakan, tujuan ST2023 untuk menyediakan data struktur pertanian, terutama untuk unit-unit administrasi terkecil, menyediakan data yang dapat digunakan sebagai tolok ukur statistik pertanian saat ini dan menyediakan kerangka sampel untuk survei pertanian lanjutan.

Dijelaskannya, sektor pertanian sudah berkali-kali terbukti bertahan sejak krisis 1998 dan selalu menjadi penyelamat meski pertumbuhan tidak spektakuler, tetapi selalu konsisten di saat sector yang lain mengalami kontraksi.

Sektor pertanian merupakan salah satu penyerap tenaga kerja yang dominan, kinerja perekonomiannya di Kabupaten Bangka nomor dua setelah industri pengolahan dan selalu memberikan kontribusi positif.

Sebelum ST2023 itu, jelasnya, BPS Bangka menggelar Focus Group Discussion (FGD) Statistik Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan.

"Tujuan FGD ini, pertama meningkatkan koordinasi antara Kementerian atau Lembaga, OPD dan Perusahaan Pertanian demi sukses dan lancarnya pelaksanaan Sensus Pertanian 2023," jelasnya.

Kedua, terwujudnya kolaborasi dari seluruh Kementerian/Lembaga/OPD dan Perusahaan Pertanian terkait sektor pertanian. Ketiga, mensosialisasikan tujuan, tahapan kegiatan dan hasil Sensus Pertanian 2023 kepada pihak internal maupun eksternal.

Data Hasil ST2023 akan menyajikan Data Pokok Pertanian Nasional guna melengkapi data yang dapat menjawab isu strategis terkini di Sektor Pertanian.

Data Hasil ST2023 akan menampilkan Data Petani Gurem yang memiliki atau menyewa lahan pertanian kurang dari 0,5 ha.

Selain itu, Hasil ST2023 akan memenuhi data pertanian untuk agenda global, seperti Indikator SDGs di Sektor Pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: