Anda Hobi Lari? Pahami Carbo Loading Sebelum Lari

Anda Hobi Lari? Pahami Carbo Loading Sebelum Lari

Ilustrasi--

BABELPOS.ID - Olahraga lari sedang tren selama pandemi. Jika ingin serius menekuni olahraga lari hingga marathon, ada sejumlah hal yang harus dipertimbangkan salah satunya asupan nutrisi.

Dikutip dari jawapos.com, pasangan Dieyan Bernard dan Marrisa Widiyanti, dua pelari dari Indonesia menyambut event lari Internasional New York City Marathon. Mereka menaklukkan jalan panjang New York City sejauh 42,195 kilometer di event lari internasional tersebut.

Ternyata, mereka memberikan tips mengapa sanggup melalui rute tersebut. Caranya adalah dengan meningkatkan nutrisi yang cukup sebelum lari.

“Kami melakukan proses latihan selama 16 minggu,” kata mereka kepada wartawan baru-baru ini.

BACA JUGA:Ada Event Belitung Geopark Trail Run 2022, Yuk Lari Sambil Nikmati Keindahan Geosite

BACA JUGA:Lari 5K, Sepeda 20K, Lari Lagi 2,5K, Anda Kuat? Yuk Ikuti Sungailiat Duathlon 2022

Mereka juga melakukan teknik asupan nutrisi carbo loading. Dieyan dan Marissa akhirnya berhasil melampaui jarak panjang sebagai finisher dengan waktu 04:30:31.

Apa itu carbo loading?

Pasangan suami istri ini pun juga sudah pernah mengikuti event serupa di Berlin, Chicago, Bali, Jakarta dan Bandung. Carbo loading atau carbohydrate loading adalah peningkatan asupan karbohidrat bagi para peserta marathon guna meningkatkan kadar glikogen dalam otot sebelum melakukan endurance race.

“Carbo loading dihadirkan untuk masyarakat yang menginginkan makanan instan yang nikmat namun tetap sehat. Kampanye makan mie sebelum lari juga dapat dilakukan. Sebab karbohidrat penting untuk dikonsumsi sebelum lari,” kata Meylanie dari PT Kobe Boga Utama, Mie Jiwa Pagi.

BACA JUGA:580 Pelari Ngetrail Sambil Menikmati Eksotisme Alam Bangka

BACA JUGA:Diikuti Menteri Sandiaga Uno, 480 Pelari Siap Berlaga di Bangka Exotic Trail Run

Laporan Runner’s World mengatakan, dalam persiapan untuk sesi lari panjang atau intensitas tinggi, Anda perlu memikirkan asupan karbohidrat 24-36 jam sebelum berolah raga.

Memastikan karbohidrat berkualitas baik dalam makanan dan camilan sehari sebelum sesi adalah kuncinya. Setelah acara New York City Marathon 2022 berakhir, Warkop NYC yang berlokasi di 366 West 52nd Street, New York mengedukasi pegiat olah raga, khususnya pelari. Salah satunya dengan mengonsumsi karbohidrat tanpa melalui proses penggorengan, melainkan dipanggang sehingga rendah lemak trans dan baik untuk kesehatan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: