Kejar Target Net Zero Emission, PT Timah Tbk Jalankan Pilar Ekonomi Sirkular Bersama Grup MIND ID

Kejar Target Net Zero Emission, PT Timah Tbk Jalankan Pilar Ekonomi Sirkular Bersama Grup MIND ID

Kantor PT Timah Tbk--

PANGKALPINANG – Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) berkomitmen untuk mewujudkan net zero emission (NZE) melalui pendekatan ekonomi sirkular (Circular Economy). 

Pendekatan ini mendorong Perusahaan untuk Mengoptimalkan produksi dan mengurangi risiko bahaya, Meminimalkan dampak lingkungan dan sosial, dan Mengeksplorasi lebih banyak nilai tambah di seluruh rantai nilai.

BACA JUGA: PT Timah Tbk Budidayakan Ikan dan Udang Vaname dengan Konsep KJA di Pulau Sukun Belitung Timur

Grup MIND ID menetapkan target penurunan emisi sebesar 1% pada tahun 2022. Komitmen ini merupakan representasi upaya perusahaan menurunkan emisi dari sektor energi dan Industrial Process and Product Uses (IPPU) sebesar 15.8% pada 2030 dan mendukung aspirasi net zero Pemerintah Indonesia Tahun 2060.

"Konsep pendekatan sirkular ekonomi Grup MIND ID diterjemahkan menjadi tiga pilar dekarbonisasi yakni Avoid, Reduce, dan Mitigate,” kata Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso pada Panel SOE Commitment on Net Zero Emission, G20 SOE International Conference Bali (18/10/2022). 

Pilar Avoid menegaskan komitmen Grup MIND ID untuk menyediakan, berinvestasi, dan meningkatkan solusi energi rendah karbon di seluruh rantai nilai. Pilar Reduce menegaskan perusahaan untuk membatasi emisi sebanyak mungkin, dan Mitigate menegaskan Grup MIND ID akan melakukan capturing dan offsetting emisi.

BACA JUGA: 40 Karyawan PT Timah Tbk Tuntaskan Latihan di Makorem 045/Gaya

Untuk itu anggota MIND ID, PT Timah Tbk juga melakukan upaya yang selaras dengan Grup MIND ID dalam rangka mewujudkan net zero emission dengan pendekatan ekonomi sirkular. 

Serkretaris Perusahaan PT Timah Tbk, Abdullah Umar menjelaskan dalam pilar Avoid PT Timah Tbk telah melakukan investasi peralatan untuk melakukan perubahan energi ke energi terbarukan. 

"Salah satu bentuk yang dilakukan yakni pemasangan PLTS on the grid tp roof berkapasitas 10 KWP di area bekas pasca tambang Kampoeng Reklamasi Air Jangkang untuk operasional listrik di kawasan tersebut. PLTS ini merupakan energi terbarukan menggantikan listrik yang menggunakan bahan  bakar," kata Abdullah. 

BACA JUGA: Ribuan Warga Manfaatkan Layanan Kesehatan Gratis dari Mobil Sehat PT Timah Tbk

Sedangkan dalam pilar Reduce, PT Timah Tbk juga telah melakukan PT Timah Tbk juga melakukan switch bahan bakar HSD dengan biofuel (B30), penggantian bahan bakar ini diimplementasikan peralatan produksi yakni kapal isap produksi dan kapal keruk. 

PT Timah Tbk juga telah melakukan perubahan PLNisasi untuk kebutuhan listrik di Kantor dan operasional dari sebelumnya menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel. TINS juga mulai menggunakan lampu LED.  

Dalam Pilar Mitigate PT Timah Tbk melaksanakan carbon offset yang diintegrasikan dengan program reklamasi yang dilakukan perusahaan, yakni dengan melakukan penanaman pohon akasia, sengon, ketapang, dan buah-buahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: