Camat Pangkalan Baru Siap Jadikan Kantornya Sebagai Posko Pemilu

Camat Pangkalan Baru Siap Jadikan Kantornya Sebagai Posko Pemilu

Kegiatan Sowan Sepekan Bawaslu di Kecamatan Pangkalan Baru. --

BABELPOS.ID, PANGKALAN BARU - Camat Pangkalan Baru Roy Harris Oktabian menegaskan pihaknya siap mendukung penuh untuk memfasilitasi dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Pangkalan Baru untuk berperan aktif mengawasi pelaksanaan Pemilu.

Hal ini ditegaskannya saat menjadi narasumber dalam kegiatan yang bertajuk Sowan Sepekan (Sosialisasi Pengawasan dan Seputar Peraturan Kepemiluan) yang dilakukan Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Jum'at (18/11/2022) di Soll Marina Hotel and Conference Center Pangkalan Baru.  

BACA JUGA:KPU Babel Gelar Sosialisasi Tatap Muka Pemilu Serentak Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Bateng

"Kami siap membantu Panwaslu Kecamatan Pangkalan Baru untuk memudahkan koordinasi penegakan aturan Pemilu dan akan membentuk posko sementara untuk tenaga personil koordinator dan Pengawas Kelurahan/Desa," tegasnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh para tokoh masyarakat, tokoh agama, Karang Taruna dan Ibu-ibu yang tergabung dalam Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ini, Roy juga menyatakan pihaknya akan membantu menyukseskan gelaran Pemilu 2024 mendatang.  

BACA JUGA:KPU Babel Gelar Sosialisasi Tatap Muka Pemilu Serentak Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Bateng

"Kami juga akan membantu Panwaslu Kecamatan Pangkalan Baru untuk mengedukasi masyarakat hingga ke pelosok dalam mensosialisasikan aturan pengawasan Pemilu dan tata cara pelaporan dugaan pelanggaran agar masyarakat lebih kritis dan berperan aktif," tambahnya.

Kegiatan Sowan Sepekan merupakan salah satu program sosialisasi yang dilakukan Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan melibatkan seluruh Bawaslu Kabupaten/Koba. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengedukasi masyarakat terkait pengawasan dan peraturan kepemiluan, sehingga diharapkan masyarakat nantinya dapat berperan aktif dalam melaporkan maupun memberikan informasi dugaan pelanggaran guna menciptakan Pemilu 2024 yang demokratis.

BACA JUGA:Hadapi Pemilu 2024, Bawaslu Bateng Resmi Bentuk Sentra Gakkumdu

Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng, Robianto dalam sambutannya mengatakan melalui kegiatan ini pihaknya berharap agar masyarakat dapat memahami aturan seputar kepemiluan, sehingga dapat menjadi peredam ketika ada konflik politik di tengah masyarakat untuk menjaga kerukunan.  

"Wilayah Kecamatan Pangkalan Baru terbilang cukup rawan jika kita berkaca dengan Pemilu tahun 2019 yang lalu, terdapat Pemungutan Suara Ulang di Desa Beluluk dan Air Mesu. Untuk itu, kami mengajak peran aktif bapak ibu untuk mengawasi jalannya tahapan Pemilu dan menyampaikan informasi kepemiluan ini kepada kerabat, kawan dan tetangga," harapnya.

BACA JUGA:Jelajah Pengawasan Bawaslu Bateng Hadir di Dusun Panang

Selain itu, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kepulauan Babel, Roy M. Siagian yang turut hadir menyampaikan perlu adanya sinergitas antara Bawaslu dengan stakeholder di Kecamatan Pangkalan Baru untuk bersama mengawal pelaksanaan Pemilu.  

"Diperlukan sinergitas antara Stakeholder di Kecamatan Pangkalan Baru dengan Bawaslu, ini penting bagi kami. Kami berharap bapak ibu menjadi agen pengawasan Pemilu," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: