Momen Akrab Puan Bersama Tokoh Dunia Hadirkan Kesejukkan di KTT G20

Momen Akrab Puan Bersama Tokoh Dunia Hadirkan Kesejukkan di KTT G20

Puan Maharani bersama Presiden Megawati, Pangeran MBS dan Menkeu Sri Mulyani.--

BABELPOS.ID - Keakraban Ketua DPR RI Puan Maharani bersama tokoh dunia tampak menghadirkan kesejukkan di momen gala dinner Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung 15-16 November 2022 di Nusa Dua Bali. 

BACA JUGA:Puan Maharani Maju Capres 2024

Puan tampak mengenakan baju warna hitam dengan motif keemasan. Di momen tersebut, cucu Proklamator RI Bung Karno itu tampak bersalaman dan berbincang dengan berbagai delegasi anggota G20 dari negara lain.

BACA JUGA:9 Calon Anggota Komnas HAM Disahkan Puan Ingin Hak Perempuan Semakin Terjamin

Politisi PDI Perjuangan itu berharap presidensi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dapat menurunkan ketegangan geopolitik yang tengah terjadi di antara sejumlah negara. Serta menjadi wadah untuk memperkecil perbedaan di antara negara anggota.

BACA JUGA:Raih Gelar Doktor Honoris Causa di Korsel, Puan Maharani Jadi Inspirasi Perempuan RI

"DPR RI mendukung sepenuhnya pelaksanaan KTT G20 di Bali, dan berharap Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 menghasilkan kesepakatan pemimpin G20," kata Puan dilansir dari antaranews.com, Rabu (16/11/2022).

Menurutnya, presidensi Indonesia dalam KTT G20 merupakan periode paling krusial dalam proses pemulihan ekonomi global. Puan menilai G20 perlu menjadi "platform" global untuk memperkuat dialog, kerja sama internasional, dan sebagai sarana untuk menyelesaikan berbagai krisis global yang bersifat multi-dimensi.

BACA JUGA:Puan Maharani Ingin Tata Kelola Sepak Bola Nasional Diperbaiki

"Saya berharap G20 di Bali dapat memperkecil perbedaan antar-negara, karena ada dialog. G20 di Bali harus menciptakan ruang saling percaya dan menurunkan ketegangan geopolitik antara kekuatan besar," ujarnya.

Puan juga berharap G20 dapat menciptakan hasil konkrit dalam upaya mencegah resesi yang sedang mengancam negara-negara dunia. Karena itu, dia menilai negara anggota G20 perlu memperkuat koordinasi kebijakan fiskal dan moneter dalam mencegah perlambatan pertumbuhan ekonomi.

BACA JUGA:Muncul Varian XBB, Puan Minta Cakupan Booster Ditingkatkan, Demi Lindungi Kesehatan Warga

Puan menjelaskan terkait isu perubahan iklim, negara-negara G20 harus menjadi contoh negara-negara lain, karena sejalan dengan agenda pembangunan dunia yang bertujuan untuk kesejahteraan manusia secara global.

"Negara-negara G20 harus lead by example dalam upaya mitigasi dan adaptasi dampak perubahan iklim, sesuai tingkat pembangunannya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: