Hari Angklung Sedunia, Google Indonesia Tampilkan Doodle Khusus

Hari Angklung Sedunia, Google Indonesia Tampilkan Doodle Khusus

Doodle Khusus Angklung- FOTO: Tangkapan gambar google-

TIDAK banyak yang tahu kalau setiap tanggal 16 November sejak 2010 lalu diperingati sebagai Hari Angklung Sedunia. Pasalnya, tepat pada tanggal 16 November, UNESCO resmi mengakui Angklung sebagai warisan dunia asal Indonesia.

Dan hari ini, Selasa (16/11), memperingati momen tersebut, muka awal website Google tampil ceria dengan coretan doodle bertemakan angklung. Jika membuka laman Google saat ini, pengguna bisa melihat gambar anak-anak Nusantara bermain angklung ketika memasuki halaman depan mesin pencari ini.

BACA JUGA: Budayawan Keluhkan Minimnya Anggaran

Tampak ada enam bocah yang memainkan angklung. Terlihat juga kalau kelima anak yang memainkan angklung ini memiliki latar belakang yang berbeda namun tetap satu tujuan, yakni memainkan angklung untuk menjaga warisan dan tradisi budaya Nusantara.

Lalu, apa itu angklung? Angklung sendiri merupakan musik multitonal khas masyarakat Sunda. Alat musik ini terbuat dari bambu. Jenis bambu umum digunakan untuk merakit angklung adalah bambu hitam (awl wulung) dan bambu putih (awl temen).

BACA JUGA: Jadi Terdakwa Tipikor Berjamaah, Paten Cs Mulai 'Nyanyi', Cair? Komite Terseret

Sejarah angklung diakui UNESCO sendiri lumayan panjang. Dilansir dari situs resmi UNESCO, sebelum mengakui angklung sebagai warisan dunia asli Indonesia, komite UNESCO mengadakan pertemuan Fifth Session of the Intergovernmental Committee (5.COM) di Nairobi, Kenya, pada 15-19 November 2010.

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia telah mengusulkan angklung untuk masuk Daftar Perwakilan Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity).

BACA JUGA: Cara Cek Hasil Seleksi PPPK Guru 2022 di Situs SSCASN BKN, Diumumkan Hari Ini!

Dari hasil pertemuan komite UNESCO tersebut, angklung Indonesia dinilai telah memenuhi kriteria-kriteria dan diakui sebagai Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan asal Indonesia, jadilah JNESCO menetapkan angklung Indonesia sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia pada tanggal 16 November 2010.

Diakuinya angklung sebagai warisan dunia asli Indonesia sendiri bukan tanpa alasan. UNESCO mengakui angklung Indonesia sebagai Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan lantaran telah memenuhi kriteria-kriteria prasasti Daftar Perwakilan Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan.

BACA JUGA: Duit Santunan Boeing Korban Lion Air Rute Jakarta-Pangkalpinang, Bos ACT Cuma Dijerat Penggelapan?

Seperti biasanya Google Doodle, jika gambar tersebut diklik akan menampilkan topik terkait dalam hal ini adalah angklung. Informasi terkait angklung bisa didapat dengan lengkap dengan mengklik Google Doodle hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com