Festival Pasir Padi, Ada Lomba Muket Perdana di Babel

Festival Pasir Padi, Ada Lomba Muket Perdana di Babel

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang menelurkan lomba muket. Muket sendiri dilakukan lebih dari dua orang bertugas menarik ujung jaring dan sisanya menghalau ikan dari arah tengah. Kegiatan masyarakat ini dikemas dalam lomba even Festival Pasir Padi 2022, pada Minggu (20/11) mendatang. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang, M Yasin menguraikan lomba muket perdana di Babel ini cukup mendapat tempat dan perhatian masyarakat. Bahkan, baru dua hari dibuka pendaftaran kuota tim sudah penuh oleh peserta baik dari Kota Pangkalpinang maupun diluar Kota Pangkalpinang. 

BACA JUGA:Lahan 5,8 Hektar di Pantai Pasir Padi Bakal Disulap Dinas Pariwisata, Jadi Apa?

"Dari dulu di Pasir Padi itu identik masyarakat muket. Kita gratiskan pendaftarannya, minimal menumbuhkan konsep di masyarakat Pasir Padi merakyat ingin mengenalkan Pasir Padi lebih jauh ke masyarakat," ungkap Yasin didampingi Kabid Pemasaran, Elita, Senin (14/11). 

Mantan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini menambahkan dengan lomba muket ini juga masyarakat bisa berkumpul dan suka cita. Dibarengi dengan kegiatan anak muda yakni Color Run yang akan digelar pada pagi harinya. 

BACA JUGA:Kadis Pariwisata Edukasi Pedagang Tata Kelola Pantai Pasir Padi

"Kita sudah sejak awal terus mengenalkan Pantai Pasir Padi ini. Makanya banyak kita lakukan pembenahan di kawasan Pantai satu-satunya di Kota Pangkalpinang ini. Tahun depan juga sudah kami jadwalkan beberapa event di Pantai Pasir Padi ini," tuturnya.

Dia masih khawatir dengan arus lalu lintas di kawasan Pantai Pasir Padi yang akan menghadirkan ribuan masyarakat dalam event tersebut. Festival Pasir Padi 2022 ini ada tiga kegiatan yang akan dilakukan yaitu, Color Run PGK, Muket Tarik dan Balap Sepida. 

BACA JUGA:Rakor Tata Ruang, Pemkot Fokus Perkuburan dan Tambang Pasir Padi

"Sudah ada ribuan masyarakat yang daftar Color Run dan 72 grup lomba muket nanti. Kita khawatir lalu lintas dan tempat parkir untuk itu kita akan koordinasikan dengan pihak terkait," urainya.

Menurut dia, dengan semangat kebersamaan dan juga even-even di Kota Pangkalpinang, Pariwisata akan bangkit dan tidak tidur. Imbasnya tak lain masyarakat yang berjualan di sekitar kawasan tersebut dan juga PAD akan masuk ke Pemerintah Kota Pangkalpinang.  

BACA JUGA:DPRD Pangkalpinang Pertanyakan Nasib Gerai UMKM Pasir Padi

"Sudah 6 ribu orang ikut daftar Color Run, kita target 10 ribu orang. Siapa pun bebas mau ikut tapi untuk anak-anak kita batasi maksimal 12 tahun ke atas," imbuhnya.

Lomba muket akan dilaksanakan pada sore hari mengimbangi kondisi air laut yang sedang pasang besar. 72 grup ini akan dibagi 2 sesi karena kalau hanya satu sesi akan panjang hingga ke kawasan depan Hotel Serata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: