Perkuat Ekonomi Keluarga Nelayan, Ini Upaya Pemkab Bateng

Perkuat Ekonomi Keluarga Nelayan, Ini Upaya Pemkab Bateng

Bupati Algafry Rahman menyerahkan bantuan untuk wanita nelayan peserta pelatihan.--

BABELPOS.ID, KOBA - Dalam rangka memperkuat ekonomi keluarga, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Perikanan memberikan pelatihan serta pemberdayaan pengolahan hasil perikanan kepada wanita nelayan Desa Kurau di GSG Desa Kurau Kecamatan KOBA, Senin (7/11/2022).

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman yang berkesempatan hadir di kegiatan tersebut menyampaikan cara para wanita nelayan ini bisa menghasilkan penghasilan.

BACA JUGA:Miliki 3600 Nelayan, Selama Enam Bulan 2022 Bateng Sudah Tangkap 10 Ribu Ton Hasil Laut

"Ibu-ibu nelayan ini bisa membantu ekonomi keluarga dengan kita berdayakan dan bina melalui pelatihan usaha pengelolaan hasil perikanan, tanpa melupakan tugas mereka sebagai istri nelayan," ujarnya.

Kegiatan pembinaan usaha pengolahan ikan ini merupakan agenda tahunan yang diharapkan menjadi sarana komunikasi dalam peningkatan serta produktivitas wanita nelayan di Bangka Tengah.

BACA JUGA:Berikan Rasa Aman, Sebanyak 223 Nelayan di Bateng Terima Asuransi

"Saran fasilitas informasi pengolahan hasil perikanan keluarga melalui pelatihan kompetensi pengolahan hasil ikan yang diharapkan meningkatkan tambahan penghasilan keluarga," terangnya.

Ia berharap melalui pelatihan ini ibu-ibu nelayan bisa memperoleh penghasilan tambahan, walaupun cuma di rumah.

BACA JUGA:Pemkab Bateng Asuransikan 500 Nelayan

"Semoga melalui pelatihan ini ibu-ibu nelayan bisa menambah penghasilan keluarga, tanpa melupakan tugasnya sebagai istri nelayan dan meningkatkan perekonomian serta kemandirian," tutur Algafry.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Imam Soehadi mengatakan potensi sumber daya perikanan di Bangka Tengah sangat tinggi sekali.

"Pemberdayaan masyarakat pada dasarnya merupakan proses untuk membuat masyarakat menjadi berdaya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: