Puan Maharani Ingin Tata Kelola Sepak Bola Nasional Diperbaiki

Puan Maharani Ingin Tata Kelola Sepak Bola Nasional Diperbaiki

Puan Maharani --

BABELPOS.ID, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menilai perbaikan tata kelola persepakbolaan Indonesia perlu segera diperbaiki. Oleh karenanya, Puan berharap Kongres Luar Biasa (KLB) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang akan digelar Maret 2023 mendatang akan membawa sistem persepakbolaan nasional menjadi lebih baik.

“Lakukan pengelolaan dan upaya transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh. Jadikan KLB PSSI untuk transformasi sepak bola Indonesia,” kata Puan dilansir dari beritasatu.com, Jumat (4/11/2022).

BACA JUGA:Puan Maharani Tak Pernah Lelah Perjuangkan Nasib Petani agar Sejahtera

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan bahwa perbaikan tata kelola tersebut juga perlu dilakukan, pasca terjadinya tragedi kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada 1 Oktober 2022 lalu yang memakan korban nyawa 135 orang.

“Penegakan hukum tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, harus dilakukan seadil-adilnya. Jangan sampai hilangnya nyawa seratusan lebih orang tidak dipertanggungjawabkan,” ujar Puan.

BACA JUGA:Kepemimpinan Puan Maharani Dinilai Sukses Wujudkan Kesetaraan Gender

Seperti diketahui, PSSI memutuskan akan mempercepat KLB sebagai bagian dari revolusi sepak bola di Indonesia. KLB PSSI menjadi syarat dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) buntut tragedi Kanjuruhan yang berimbas pada terhentinya kompetisi. Dalam KLB itu, akan dipilih Ketua Umum dan jajaran pengurus PSSI yang baru.

“Transformasi tata kelola sepak bola Indonesia diperlukan demi kemajuan persepakbolaan kita,” ungkap Puan.

BACA JUGA:Puan Maharani Disebut Role Model Pemimpin Perempuan di Tanah Air

Usai tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada awal Oktober lalu, muncul desakan publik agar ada transformasi tata kelola sepak bola Indonesia hingga membuat PSSI bersedia melakukan KLB lebih cepat. Puan berharap, KLB PSSI dilakukan sesuai mekanisme dan melahirkan kepemimpinan yang dapat membenahi persepakbolaan Tanah Air.

“Kepemimpinan PSSI harus mampu membawa perubahan wajah persepakbolaan Indonesia,” ujar mantan Menko PMK itu.

BACA JUGA:Pengamat: Puan Maharani Paling Berpeluang Jadi Capres Perempuan

Puan menegaskan, DPR dan Pemerintah tidak bisa mengintervensi soal calon Ketua Umum PSSI yang akan dipilih dalam KLB nanti. Namun ia berharap, ada kerendahhatian dan kelegawaan bagi yang merasa tidak mampu mengemban tugas secara optimal.

“Kami berharap, siapapun pemimpin PSSI yang baru kelak akan bisa memperbaiki tata kelola persepakbolaan nasional sehingga dunia sepak bola Indonesia dapat menunjukkan prestasi di mata dunia,” tutur Puan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: