Sengketa Pemilu Harus Melalui Bawaslu

Sengketa Pemilu Harus Melalui Bawaslu

--

BABELPOS.ID, MUNTOK - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Barat menyelenggarakan Rapat Fasilitasi Mekanisme Penyelesaian Proses Pemilu. 

Kegiatan yang dihadiri oleh 30 Calon partai politik peserta pemilu, media dan penyelenggara pemilu mendatangkan narasumber penggiat pemilu Firman Pardede,

BACA JUGA: PT Timah Tbk Dukung Perayaan Tradisi Masyarakat Lingkar Tambang

Anggota Bawaslu Propinsi Kep Bangka Belitung Rosmala dan anggota Bawaslu Babar Erika Herlina. Acara dilaksanakan di gedung Ruang Pertemuan KWP , Rabu (12/10/2022).

BACA JUGA: Kagetnya Bupati Algafry Ada Honorer Terlibat Narkoba, Perintahkan Pegawai Tes Urine

Firman Pardede saat menyampaikan sosialisasi mengharapkan penyelesaian sengketa pemilu dapat dilakukan melalui Bawaslu,"Hanya ada satu cara menyelesaikan sengketa pemilu adalah melalui Bawaslu."terangnya.

BACA JUGA: Museum Timah Indonesia Muntok Jadi Daya Tarik Kunjungan Wisatawan ke Bangka Barat

Kata Pardede, Bawaslu berdasarkan Undang Undang dan Perbawaslu adalah lembaga yang diberikan kewenangan penyelesaian sengketa dalam pemilu,"Dalam penyelesaian pemilu memiliki beberapa tahapan, dari menerima permohonan, proses administrasi, mediasi, dan ad judikasi,"ungkapnya.

BACA JUGA: Lintang Juara Lomba Baca Puisi Kantor Bahasa

Sementara itu Anggota Bawaslu Bangka Barat Erika Erlina menerangkan bahwa kegiatan dimaksudkan memberikan pengetahuan kepada peserta pemilu tentang mekanisme penyelesaian sengketa pemilu.

BACA JUGA: Bateng Miliki 140 Posyandu, Eva Algafry : Kita Malu Masih Punya Kasus Stunting

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta partai politik tentang Fasilitasi Mekanisme penyelesaian sengketa proses pemilu.

Erika mengharapkan dapat meminalisir terjadinya sengketa pemilu dalam proses tahapan pemilu pada tahun 2024 mendatang.

Untuk itu diperlukanKordinasi kerjasama dari partai politik, agar pemilu tahun 2024 dapat berjalan dengan aman, damai, "Hasil dari pemilu nantinya memberikan manfaat untuk masyarakat juga melahirkan pemimpin-pemimpin yang dapat memajukan daerah khususnya Bangka Barat,"jelas Erika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: