Beraksi Lima Kali, Pencuri ini Diringkus Tim Kelambit

Beraksi Lima Kali, Pencuri ini Diringkus Tim Kelambit

--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Beraksi mencuri di sejumlah tempat, Turmuji alias Muji (47) akhirnya berakhir ditangkap Tim Kelambit Satreskrim Polres Bangka. 

Spesialis pencurian ini sempat beraksi di kamp tambang inkonvensional (Ti) hingga rumah warga. 

Muji warga Kelurahan Sinarjaya Jelutung Sungailiat yang tercatat sebagai residivis kasus serupa sempat mencuri dua buah gawai dan satu speaker aktif di bulan September.

Lalu pada tanggal 22 Juli lalu ia mengembat mesin tempel perahu milik nelayan di Pantai Matras Sungailiat hingga korban mengalami kerugian Rp25 juta. 

Kapolres Bangka AKBP Indra Kurniawan melalui Kasat Reskrim AKP Rene Zakharia, menerangkan pelaku Muji juga mengaku pernah mencuri mesin tempel pada bulan Agustus yang menyebabkan korban menderita kerugian Rp 14 juta. 

Sementara itu ketika di Desa Mapur, dari sebuah rumah warga, Muji berhasil mengembat satu sepeda motor yang menyebabkan korbannya rugi Rp21 juta. 

"Pelaku diamankan Tim Opsnal (Kelambit) pada Kamis (6/10) setelah didapat informasi masyarakat tentang keberadaan diduga pelaku. Pelaku pencurian dengan pemberatan tersebut (Muji) sedang berada di kediamannya di di Nangnung Sungailiat yang kemudian berhasil diamankan," jelas AKP Rene Zakharia kepada Babel Pos, Jumat (7/10) 

Usai diamankan Muji tak mengelak telah mencuri di kamp TI Kampung Pasir Sungailiat. Bahkan Muji mengaku telah mencuri sebanyak lima kali di Kabupaten Bangka. Beberapa barang bukti seperti mesin tempel, sepeda motor hingga gawai berhasil diamankan Tim Kelambit. 

"Pelaku melakukan aksi pencuri lima kali, di wilayah Sungailiat tiga kali dan wilayah Riausilip dua kali," ujar mantan Kapolsek Sungailiat ini. 

Usai mencuri sebagian barang curian kemudian ia jual yang uangnya dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Akibat perbuatannya, Muji terancam dijerat pasal 363 KUHPidana. 

"Saat ini tersangka dan barang bukti diamankan ke Polres Bangka guna penyidikan lebih lanjut," kata AKP Rene Zakharia.(trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: