Tim OPAD Terus Berupaya Meningkatkan PAD Bangka

Tim OPAD Terus Berupaya Meningkatkan PAD Bangka

--

SUNGAILIAT – Tim Optimalisasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (Tim OPAD) Kabupaten Bangka terus berupaya memberikan dampak nyata dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Bangka. 

Tim OPAD dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bangka Nomor : 188.45/454/BPPKAD/2022. Tim ini beranggotakan berbagai unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Kabupaten Bangka serta diperkuat unsur Kejaksaan Negeri Bangka dan Polres Bangka.

BACA JUGA: Semester 1, PT Timah Tbk Setor Pajak dan PNBP Rp 1,196 Trilun

Diharapkan dengan adanya dukungan penuh dari Kejaksaan Negeri Bangka dan Polres Bangka ini tidak lepas dari fungsinya di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (DATUN) yaitu sebagai Jaksa Pengacara Negara dan Satuan Reskrim Polres Bangka sebagai Pemeriksa.  

BACA JUGA: Pasokan Listrik Andal, PLN Sukses Layani Rangkaian G20 di Belitung

Tim ini mempunyai tugas diantaranya melakukan sosialisasi terhadap Wajib Pajak (WP) terkait optimalisasi penerimaan PAD dan Kepatuhan WP, melakukan upaya langsung untuk meningkatkan pencapaian PAD dengan upaya penertiban pajak daerah, pendataan wajib pajak baru dan ulang, penangihan, pemasangan tapping box, termasuk juga penghapusan denda pajak.

BACA JUGA: Merasa Gaji ABK Tak Sesuai, Nekat Kabur Berenang, Rafi Ditemukan Tak Bernyawa

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bangka Futin Helena Laoli, S.H., M.H., selaku Wakil Ketua I Tim OPAD, mengatakan, pihak Kejari Bangka sangat mendukung program ini sebagai percepatan dan optimalisasi pendapatan daerah, yang akan memberikan efek penyadaran kepatuhan wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban pajaknya sebagai wujud dari perilaku warga negara yang baik.

BACA JUGA: Putra Supriyanto Yakin Sang Ayah Tak Bersalah

“Dengan adanya Tim OPAD ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan pendapatan daerah yang berimbas kepada pembangunan daerah,” ujarnya.

BACA JUGA: Kasus Dugaan Tipikor DPRD Babel, Aktivis Cium Tersangka Bakal Nambah?

Kapolres AKBP Indra Kurniawan, SH, S.I.K, M.Si selaku Ketua II juga sangat mendukung keberadaan Tim OPAD yang telah dibentuk. Kesadaran masyarakat khususnya wajib pajak sangat diharapakan dalam membayar pajak dan retribusi.

“Ini Tim Koordinasi sebagai salah satu upaya dalam menggali potensi penerimaan daerah, khususnya pajak dan retribusi guna membantu dalam peningkatan pembangunan di kabupaten Bangka," ungkap Kapolres Bangka.

Bupati Bangka Mulkan, SH, M.H. selaku Pengarah Tim OPAD menyatakan sangat mendukung pergerakan yang dilakukan Tim OPAD. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: