Perkuat Kolaborasi Nasional, STISIPOL P12-BPIP Finalisasi MoU Secara Virtual

Perkuat Kolaborasi Nasional, STISIPOL P12-BPIP Finalisasi MoU Secara Virtual

Rapat Stisipol P12 dengan BPIP secara virtual membahas kerjasama.--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Pahlawan 12 Sungailiat melaksanakan pembahasan rencana kerjasama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Jumat (26/08/22) secara Virtual Zoom.

Dr. Darol Arkum, Ketua STISIPOL Pahlawan 12 menyampaikan, pembahasan MoU ini dalam rangka memperkuat kolaborasi institusi pendidikan secara nasional dengan stakeholder lainnya dalam hal ini BPIP terkait Pelaksanaan Pembinaan Ideologi Pancasila.

BACA JUGA:Ketua Ombudsman RI Sarankan STISIPOL Pahlawan 12 Bentuk UKM Pemantau Pelayanan Publik

Dalam paparannya, Darol menyebutkan, saat ini sudah terbentuk pusat studi Pancasila di STISIPOL Pahlawan 12.

Ruang lingkup kerjasama yang dibahas hari ini agar segera dapat direalisasikan setelah penandatanganan MoU.

BACA JUGA:STISIPOL P12 Utus Mahasiswa Beasiswa KIP-K Upacara HUT RI di Halaman Kantor Bupati Bangka

Adapun ruang lingkup yang disepakati yakni sosialisasi dan pembudayaan nilai-nilai pancasila melalui Tri Dharma perguruan tinggi, internalisasi dan institusionalisasi nilai-nilai pancasila, pelaksanaan pengkajian materi dan kebijakan pembinaan ideologi pancasila, kolaborasi dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan pembinaan ideologi Pancasila, penyelenggaraan seminar, lokakarya, workshop dan diskusi terpumpun yang berkaitan dengan Pancasila dan tukar menukar informasi, pemanfatan kepakaran, ketokohan dan bidang lain sesuai kebutuhan PARA PIHAK.

BACA JUGA:11 Dosen STISIPOL Pahlawan 12 Menjadi Pembicara Konferensi Internasional

Sementara, dari BPIP Prof. Dr. H. Agus Moh Najib, S.Ag., M.Ag, Direktur Analisis dan Penyelarasan mengatakan MoU ini sangat penting. Harapan utamanya STISIPOL Pahlawan 12 menjadi pusat desiminasi pancasila di Bangka Belitung.

"Cakupan kerjasama menyeluruh, yakni Tri Dharma perguruan tinggi mulai dari pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," jelasnya.

BACA JUGA:Kolaborasi Internasional, STISIPOL Pahlawan 12 dan Universiti Malaysia Trengganu Selenggarakan Seminar

Pengaplikasian nilai-nilai pancasila di era sekarang, khususnya di deputi 3 yang ada di BPIP. Bangka Belitung punya sejarah Pancasila dengan kota Muntoknya.

Kemudian, mensosialisasikan pancasila secara digital dan ini relate dengan Deputi 1 di BPIP. Pada prinsipnya kerjasama ini sangat penting bagi BPIP dan STISIPOL Pahlawan 12.

BACA JUGA:STISIPOL Pahlawan 12 Undang KPK dan BPIP Untuk Menanamkan Integritas dan Kesadaran Berbangsa Mahasiswa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: