Pelayanan Publik Basel, Pengamat: Riza-Debby Sangat Inovatif

Pelayanan Publik Basel, Pengamat: Riza-Debby Sangat Inovatif

PELAYANAN publik di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) kepemimpinan Bupati Riza Herdavid dan Wakil Bupati Debby Vita Dewi dinilai semakin efektif dan efisien dalam melayani masyarakat. Hal ini juga dipertegas oleh pengamat kebijakan publik, Jumli Jamaludin. Menurutnya, Basel era Riza-Debby semakin Inovatif.

Setidaknya ada 40 jenis inovasi yang siap dijalankan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat Basel. Inovasi tersebut tersebar di beberapa instansi seperti Dukcapil, Pendidikan, Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas, Kantor Kecamatan dan sejumlah instansi lainnya.

BACA JUGA: Kasus Polisi Baku Tembak di Rumah Jenderal, KontraS: Ada 5 Kejanggalan
BACA JUGA: Duit CSR Boeing Buat Gaji 'Petinggi' ACT?

Hebatnya, beberapa inovasi tersebut juga diketahui telah meraih penghargaan bergengsi di tingkat nasional. Tak heran, pelayanan publik era Riza-Debby kian menuai apresiasi dari berbagai kalangan.

BACA JUGA: Harga Cabai Tinggi, Petani Bateng Raup Untung Besar
BACA JUGA: TBS di Babar Cuma Dihargai 550 Hingga 600

“Upaya-upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan publik yang dilakukan oleh Pemkab Basel tentunya sebagai upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat.

Salah satu upaya tersebut tentunya dengan membuat atau menciptakan berbagai inovasi,” kata Jumli, Kamis (14/7/2022).

“Saya kira patut diapresiasi atas keberhasilan dari upaya-upaya Pemkab Basel tersebut yang telah mendapat pengakuan dan penghargaan di berbagai tingkat tersebut,” lanjutnya.

Bahkan, Jumli menilai berbagai inovasi yang diciptakan tersebut merupakan bukti bahwa Riza-Debby benar-benar melaksanakan amanah sebagai pimpinan daerah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.  

“Upaya yang dilakukan Pemkab Basel sebagai upaya penerapan dari UU 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik dan UU tentang pemerintah daerah tentunya.

UU tersebut mengamanahkan Pemda untuk memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat,” ujar Jumli. 

Pada dasarnya, mantan kepala Ombudsman RI Perwakilan Babel tersebut menilai, masyarakat menginginkan segala layanan lebih cepat, efektif, dan efisien.

Itu sebabnya pelaksanaan pelayanan publik dituntut untuk dapat memberikan layanan yang prima. 

“Dengan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh pemkab Basel tentunya hal tersebut sebagai perwujudan memberikan layanan yang prima kepada masyarakatnya,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: