Baznas Serahkan Zakat Bagi 1.000 Mustahik

Baznas Serahkan Zakat Bagi 1.000 Mustahik

PUDING BESAR - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka menyerahkan santunan zakat untuk para mustahik di Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka, Rabu (6/7/2022).

Bupati Bangka Mulkan mengungkapkan atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka mengucapkan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Bangka yang telah ikut membantu masyarakat.

"Kami atas nama Pemda mengapresiasi program Baznas telah ikut dalam membantu penanganan sosial masyarakat daerah ini. Seperti bantuan uang tunai, program jambanisasi dan bantuan pembangunan rumah layak huni dan bantuan bagi para pelajar," ujar Mulkan kepada wartawan Rabu (6/7/2022).  

Dikatakan Mulkan, Baznas Kabupaten Bangka telah ikut berperan aktif dan tanggap serta cepat membantu meringankan persoalan sosial warga kurang mampu.

"Masyarakat yang layak mendapat bantuan sosial lebih cepat menerima bantuan Baznas dibanding bantuan sosial dari pemerintah karena harus melalui proses perencanaan," jelas Mulkan.

Karenanya Bupati Mulkan mengajak masyarakat di Kabupaten Bangka yang mampu untuk turut serta menyisihkan rezeki dengan membayar zakat maal atau profesi dengan besaran yang sudah diatur dalam syariat Islam ke Baznas Kabupaten Bangka.

"Dana yang terkumpul di Baznas kemudian diberikan kepada masyarakat kurang mampu di daerah ini, untuk membantu kesehatan, pendidikan dan sosial lain yang dibutuhkan masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Ketua Baznas Kabupaten Bangka, H M Nasir Hasan mengatakan, setiap tahun Baznas Kabupaten Bangka menyalurkan bantuan paket uang tunai untuk ribuan Mustahik yang tersebar di beberapa desa di Kabupaten Bangka.

"Masyarakat kurang mampu kita bantu uang tunai tahun ini ditetapkan Rp 300 ribu bagi 1.000 Mustahik, juga akan membangun fasilitas jamban dan rumah layak huni," ujar Nasir Hasan.

Nasir Hasan mengatakan sebanyak 1.000 orang mustahik yang mendapat uang bantuan sebesar Rp300.000 per orang tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Bangka.

"Dengan rincian, untuk Kecamatan Merawang sebanyak 200 orang mustahik, Mendo Barat 400 orang, Puding Besar 200 orang serta di Kecamatan Bakam sebanyak 200 orang mustahik," jelasnya.

Nasir Hasan menambahkan, bantuan uang tunai yang disalurkan ke ribuan mustahik dihimpun dari sumber zakat profesi maupun zakat Mal di wilayah Kabupaten Bangka.

"Saya mengajak seluruh umat muslim yang mampu untuk menyalurkan zakat sesuai syariah Islam guna membantu mensejahterakan masyarakat," jelasnya.

Hasir Hasan berharap bantuan yang disalurkan tersebut dapat membantu meringankan kebutuhan keluarga penerima serta bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu menjadi agenda program Baznas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: