Korban Puting Beliung di Desa Jampan Dapat Bantuan Jadup

Korban Puting Beliung di Desa Jampan Dapat Bantuan Jadup

MUNTOK - Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (Dinsos PMD) Bangka Barat telah menyalurkan bantuan sandang pangan dan jaminan hidup (Jadup) kepada korban bencana alam puting beliung di Dusun Jampan, Desa Kelabat, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Sabtu (2/7/22) lalu.

Hal itu dinyatakan, Kepala Bidang (Kabid) Linjamdayasos, Dinsos dan PMD, Saiful Fahmi, Senin (4/7).

"Sudah kita usahakan 1x24 jam atau 2x24 jam itu sudah kita antar, karena ini sifatnya tanggap darurat artinya kita berusaha untuk membantu mengurangi dampak kerugian ataupun bencana itu secepatnya mungkin," ujar Fahmi.

Fahmi mengatakan bagi masyarakat yang terdampak bencana baik itu bencana sosial, pihaknya menyalurkan bantuan yang bersumber dari APBN, berupa sandang pangan.

"Kemudian kita juga meberikan bantuan bersumber dari APBD berupa jaminan hidup itu berupa sembago dan sebagainya," jelasnya.

Adapun bantuan yang diberikan kepada warga yang terdapak puting beliung di Dusun Jampan, yang bersumber dari Kemensos atau APBN yakni selimut, kasur, matras, terpal, makanan anak, makanan siap saji, lauk siap saji, food ware, dan peralatan dapur. Sementara itu bantuan yang bersumber dari APBD, berupa paket sembako.

Sedangkan untuk bantuan berupa Bahan Bangunan Rumah (BBR), pihaknya belum ada anggaran, sehingga hanya menurunkan Tim Tagana untuk memperbaiki.

"Untuk BBR kita belum ada anggarannya, jadi untuk penanganan materialnya kemungkinan besar dari Perkim, sesuai dengan tupoksinya," terangnya.

Namun kedepannya, Fahmi menuturkan berencana akan menganggarkan BBR untuk rumah yang terdampak bencana dengan skala kecil.

"Insyallah kedepan kita berencana untuk menganggarkan BBR jadi untuk rumah yang terdampak bencana skala kecil seperti akibat puting beliung hanya dua lembar asbes yang terbang  itu bisa kita tangani dan itu memang ada di peraturan Kemensos," ucapnya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: