124 Booth Kuliner & Produk UMK dari Babel Disiapkan!

124 Booth Kuliner & Produk UMK  dari Babel Disiapkan!

*IKM Babel Gelar Silaturahmi Akbar di Jakarta --

PANITIA Silaturrahmi Akbar dan Festival Kuliner Bangka Belitung 2022, sudah menyiapkan 124 booth bazaar  kuliner dan produk UMK  (Usaha Menengah Kecil)  pada acara yang akan digelar 2 Juli di Wisma Serba Guna Senayan, Jakarta.  

Untuk itu, peserta bazaar yang akan mengisi booth adalah warga Bangka Belitung di perantauan dan juga pelaku UMK dari Bangka dan Belitung. 

“Kita sudah menjaring para peserta sejak 2 bulan lalu melalui komunitas warga Bangka dan Belitung yang ada di Jabodetabek, Serang  dan beberapa wilayah lain.

Selain kita juga meminta secara khusus kepada Pemda untuk memgirim UMK yang di Bangka dan Belitung,”  kata Syahrial Ridho, Ketua Panita Silaturrahmi Akbar dan Festival Kuliner Bangka Belitung 2022. 

Syahrial  menambahkan  panitia menyediakan fasilitas booth dan kelengkapannya secara cuma-cuma kepada para peserta agar semua booth yang disiapkan terisi semua.

Dan ternyata dua  minggu sejak pendaftaran dibuka, 100 booth yang disediakan sudah full. Namun karena ada permintaan lagi  panitia membuka pendaftaran hingga tanggal 20 Juni lalu, untuk menyesuaikan ketersediaan lahan dan persiapan kelengkapan lainnya. 

Syahrial menghimbau kepada warga Babel terutama yang ada di sekitar Jabotabek untuk menghadiri acara silaturrahmi ini.

Selain Kuliner, acara akan dimeriahkan dengan hiburan music, lagu, tari, berbalas pantun yang dibawakan artis dan seniman Bangka Belitung. 

Sementara itu, Ketua Ikatan Masyarakat Bangka Belitung (IKM Babel), Azwardy Azhar menegaskan pihaknya akan membentuk “Hub” UKM Bangka Belitung.

Hub ini akan menjadi semacam wadah untuk mempertemukan antara pelaku UMKM Babel dengan calon customer.  

“IKM Babel ini adalah mitra strategis Pemrov Babel  dalam membangun daerah Babel. UMK itu adalah salah satu titik strategis untuk menggerakkan ekonomi karena di situ ada produk dan serapan tenaga kerja,” kata Azwardy yang akrab dipanggil Away putra Kelahiran Tanjungpandan, Belitung itu lagi.

IKM Babel, ujar Bang Away --begitu ia akrab disapa--,  akan menjadi semacam wadah komunikasi warga Babel sekaligus konsolidasi potensi masyarakat Bangka Belitung  di perantauan.  

''Dan itu nantinya dapat berkontribusi kepada kampung halamannya,'' ujar adik kandung Antasari Azhar mantan Ketua KPK RI itu lagi. (red/rel-asw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: