DPRD Bangka Gandeng UBB untuk Pendampingan Hukum Raperda

DPRD Bangka Gandeng UBB untuk Pendampingan Hukum Raperda

*Agar Lebih Memberi Manfaat Bagi Masyarakat --

SUNGAILIAT - DPRD Bangka menjalin memorandum of understanding (MoU) dengan Universitas Bangka Belitung (UBB) Senin (7/12). MoU untuk kerjasama dalam hal pendampingan UBB terhadap pembahasan Raperda yang nantinya akan dilakukan DPRD Bangka.

Kerjasama ini untuk membuat Raperda inisiatif dewan yang nantinya tidak lepas koordinasi dengan UBB dan juga Kejaksaan Negeri Bangka. Sehingga Raperda yang disahkan tepat dasar hukumnya dan menjadi bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bangka,\" kata Ketua DPRD Bangka Iskandar, S.Ip di ruang rapat paripurna DPRD Bangka.

Kerjasama nantinya dalam upaya peningkatan kualitas Perda yang dihasilkan sehingga dapat berdampak positif pada masyarakat Kabupaten Bangka. Selanjutnya akan berdampak luas bagi pembangunan di Kabupaten Bangka.

\"Jadi pelaksanaan pembangunan itu nantinya, kepastian hukumnya jelas,\" kata Iskandar.

Raperda yang nantinya menjadi produk hukum berupa Perda diharap berdampak kepada peningkatan pendapatan asli daerah Kabupaten Bangka. UBB yang dirangkul diharap turut serta ambil bagian dalam pembangunan daerah Kabupaten Bangka. Jalinan kerjasama pendampingan hukum serupa akan juga digelar kedepan oleh DPRD Bangka dengan pihak Kejaksaan Negeri Bangka.

Sementara itu Rektor UBB, DR Ibrahim menyatakan MoU yang dijalani dengan DPRD nanti
secara teknis akan dilakukan UBB melalui fakultas hukum. Wujudkan lendampingan yang akan dilakukan dalam pembahasan setiap dasar hukum Raperda di DPRD Bangka.

\"Nantinya untuk Raperda yang bersifat inisiatif serta hal-hal hukum yang menjadi pembahasan di dewan akan didampingi UBB,\" kata Ibrahim.

Selain pendampingan dari sisi hukum untuk pembahasan Raperda, UBB yang memiliki lisensi penyelenggaraan bimtek bagi DPRD pun siap bersinergis kedepannya. MoU pendampingan hukum tersebut akan berjalan selama empat tahun kedepan.

Ia tegaskan MoU yang terjalin menindaklanjuti hubungan selama ini yang telah baik antara UBB dengan DPRD Bangka dalam berbagai hal. UBB pun menyatakan membutuhkan dukungan dari DPRD Bangka apalagi keberadaan kampus UBB yang secara geografis berada di wilayah Kabupaten Bangka.

Dalam pemandangan MoU DPRD Bangka kemarin turut dihadiri Wakil Ketua 1 DPRD Bangka Mendra Kurniawan, Kepala Sekretariat DPRD Bangka Erry Gusnawan dan sejumlah anggota DPRD Bangka. (trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: