29 Pilkades Serentak Bateng Gunakan Dana APBD dan APBDes

29 Pilkades Serentak Bateng Gunakan Dana APBD dan APBDes

KOBA - Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Munzilin menyebut dana pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 di wilayahnya menggunakan APBDes, dengan rata-rata setiap desa menganggarkan dana sebesar Rp.50 juta.

Pilkades serentak yang direncanakan pada bulan Juni mendatang akan diikuti 29 desa, diantaranya Desa Lubukbesar, Lubuklingkuk, Perlang, Trubus, Kulur ilir, Nibung, Terentang III, Baskara Bhakti, Bukit Kijang, Namang, Belilik, Jeruk, Air Mesu, Padang Baru, Batu Belubang, Benteng, Pinang Sebatang, Teru, Pasir Garam, Katis, Simpangkatis, Sungaiselan atas, Kretak, Munggu, Kerantai, Kerakas, Kemingking, Sarang Mandi dan Romadhon.

\"Jadi sebagian dana pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022 di Bateng akan menggunakan APBDes dan diikuti 29 desa, dengan rata-rata menyediakan anggaran sebesar Rp 50 juta,\" ungkap Munzilin kepada Babel Pos, Jumat (25/02/2022) di Koba.

\"Dana puluhan juta tersebut akan digunakan untuk kebutuhan panitia pelaksana, seperti sewa tenda, honorarium dan lainnya,\" sambungnya.

Ia mengatakan sejauh ini tahapan yang sedang dilakukan, yaitu melakukan sosialisasi pelaksanaan Pilkades ke masyarakat.

\"Sosialisasi pelaksanakan Pilkades ke masyarakat ini sebagian panitia mengumumkannya melalui tempat ibadah, balai makan, door to door hingga selebaran, hal ini bertujuan agar masyarakat tahu bahwa di desanya akan melaksanakan Pilkades serentak tahun 2022,\" tuturnya.

Dikatakan Munzilin, pemungutan suara direncanakan pada tanggal 22 Juni 2022 mendatang dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

\"Karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, panitia juga akan menyelenggarakan Pilkades dengan mematuhi Protokol Kesehatan, menyediakan tempat cuci tangan dan menggunakan masker di area Tempat Pemungutan Suara (TPS),\" ujarnya.

Ia menambahkan pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022 ini sebagian juga akan menggunakan dana APBD Bateng.

\"APBD Bateng digunakan untuk mengadakan kotak suara, bilik suara, surat suara serta paku pencoblos, yang mana sebelumnya menggunakan dana APBD Bateng murni,\" terangnya.

\"Mari kita ikut berpartisipasi menyukseskan pilkades 2022 dan melahirkan Kades-Kades yang berkualitas dan merakyat,\" imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: