Dinas Pendidikan Bangka Tengah Siapkan Beasiswa S2

Dinas Pendidikan Bangka Tengah Siapkan Beasiswa S2

KOBA - Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah mengadakan program beasiswa S2 (magister) yang diperuntukan bagi para pegawai honorer pemerintahan, ASN dan para guru sebagai hasil kolaborasi dengan Universitas PGRI Palembang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Esdras Silverius Bangun kepada Babel Pos, Selasa (22/3/2022) di Koba.

\"Penandatangan MoU sudah dilakukan dari bulan 2021 lalu dan angkatan pertama program beasiswa ini sudah mulai mengikuti perkuliahan pada bulan Februari 2022 kemarin,\" ungkap Esdras.

Ia menerangkan sudah ada 60 lebih orang yang melanjutkan pendidikan S2 melalui program tersebut. Sebagian besar berasal dari kalangan para guru.

\"Untuk angkatan pertama kemarin antusiasme yang mendaftar terbilang cukup banyak,\" ujarnya.

Dikatakan Esdras, kerja sama beasiswa tersebut hanya mencakup untuk tiga pilihan program studi saja, yakni Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia.

\"Jadi yang sudah diterima sebagai mahasiswa pascasarjana yang angkatan satu kemarin, ada 58 orang dengan jurusan manajemen pendidian, 4 orang jurusan bahasa inggris dan 5 orang jurusan bahasa Indonesia,\" jelasnya.

Ia menambahkan program beasiswa ini bukan merupakan beasiswa penuh dari Universitas terkait maupun dari pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.

\"Mekanisme beasiswa ini adalah berupa potongan biaya perkuliahan yang jauh lebih murah dari biaya normal, jadi ada beberapa pengurangan biaya dan memang biayanya jauh lebih ringan dibanding biaya S2 di beberapa kampus yang ada di Pulau Bangka,\" tuturnya.

\"Dengan begitu, disimpulkan bahwa biaya perkuliahan tetap dibayar oleh yang bersangkutan menggunakan biaya pribadi alias mandiri, namun dengan nominal yang jauh lebih sedikit,\" tambahnya.

Sementara itu, untuk angkatan kedua, proses pendaftaran akan mulai dibuka sekitar bulan September 2022 mendatang, termasuk tahap seleksi berkas dan seterusnya.

\"Proses pendaftarannya dilakukan melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah dengan memperhatikan berbagai persyaratan yang berlaku,\" ujarnya.

\"Pegawai honorer, guru, PNS atau para pejabat struktural juga boleh ikut mendaftar. Kalau untuk PNS, salah satu syaratnya minimal harus 2 tahun masa kerja, sedangkan honorer bebas,\" sambungnya.

Selain itu, syarat utama yang harus dipenuhi adalah para pendaftar harus memiliki KTP yang berdomisili di Kabupaten Bangka Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: