Jalan Rusak di Bateng Akan diperbaiki Usai Lebaran Idul Fitri, Dinas PUPR Siapkan Rp32 Miliar

Jalan Rusak di Bateng Akan diperbaiki Usai Lebaran Idul Fitri, Dinas PUPR Siapkan Rp32 Miliar

KOBA- Jalan rusak dan berlubang di Bangka Tengah ternyata masih ada, yang menderita dan terganggu tentu saja adalah para pengguna jalan.

Kerusakan yang terjadi mulai dari kondisi jalan yang berlubang, aspal yang retak sana-sini dan kerusakan lainnya.

Salah satu kerusakan terlihat di ruas jalan Swadaya 1 yang ada di Kelurahan Sungaiselan, Kecamatan Sungaiselan, Bangka Tengah. Jalan yang menjadi akses ke perkampungan dan perkebunan milik warga tersebut tampak rusak dengan lubang yang cukup besar dan banyak, bahkan kondisinya semakin parah ketika hujan turun dan membuat jalanan menjadi becek dan licin.

Menurut Yadi, salah seorang warga sekitar, rusaknya ruas jalan Swadaya 1 tersebut sudah terjadi cukup lama.

\"Sepertinya sudah rusak sekitar 5 tahunan, soalnya yang lewat di sana banyak mobil-mobil truk dengan muatan berat seperti sawit,\" ujar Yadi, Rabu (6/4/2022).

Menurut Yadi, rusaknya jalan tersebut sangat mengganggu aktivitas masyarakat yang hendak melintas.

\"Paling susah kalau lagi hujan, karena membuat kendaraan jadi kotor dan berbahaya, jadi berkendara pun harus pelan-pelan dan ekstra hati-hati,\" tuturnya.

Di tempat berbeda, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Bangka Tengah, Yusuf Khoiruddin mengungkapkan pihaknya telah berencana akan melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan yang ada di seluruh Kecamatan di Bangka Tengah pada tahun ini.

Dikatakan Yusuf, perbaikan tersebut terdiri dari dua jenis, yakni peningkatan dan pemeliharaan.

\"Untuk peningkatan jalan akan dilakukan di semua kecamatan, dengan total yang akan diperbaiki sepanjang 5,5 km di spot-spot tertentu, sedangkan untuk pemeliharaan akan dilakukan di empat kecamatan yakni, Koba, Lubuk Besar, Namang dan Pangkalanbaru dengan total panjang 2 km,\" ujarnya.

\"Sementara untuk Kecamatan Simpangkatis dan Namang, tahun ini tidak ada pemeliharaan dan hanya dilakukan peningkatan saja, karena terkendala kondisi anggaran,\" sambungnya.

Yusuf mengatakan pada tahun 2022 ini, pihaknya telah menyiapkan anggaran sekitar Rp16 miliar lebih yang bersumber dari APBD Kabupaten Bangka Tengah Tahun Anggaran 2022.

Selain itu, pihaknya juga memiliki sumber dana lainnya yang berada dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang jumlahnya juga sekitar Rp16 miliar lebih.

\"Jadi totalnya ada sekitar Rp32 miliar lebih yang akan kami gelontarkan untuk perbaikan jalan di Bangka Tengah pada tahun ini, di mana proses perbaikan sejumlah ruas jalan dengan total panjang sekitar 7,5 km ini akan dilakukan secara bertahap dan ditargetkan akan mulai pengerjaannya setelah lebaran Idul Fitri nanti,\" imbuhnya. (sak/ynd).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: