Raih Juara II Kebun Lada Terbaik se-Babel, Defu : Jangan Takut Tanam Lada!

Raih Juara II Kebun Lada Terbaik se-Babel, Defu : Jangan Takut Tanam Lada!

KOBA - Bangka Tengah patut berbangga atas prestasi Defu Saputra dari Poktan Karya Bersama Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah ini. Ia berhasil meraih Juara II dalam lomba kebun lada se-Bangka Belitung masa pembinaan Tahun 2021/2022.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bangka Belitung, Edi Romdhoni mengungkapkan lomba ini merupakan apresiasi kepada para petani, yang diinisiasi dan selenggarakan oleh Dewan Rempah Indonesia, Kepulauan Babel.

\"Alhamdulillah hari ini kita berkesempatan menyerahkan hadiah lomba kebun lada terbaik tingkat Provinsi Bangka Belitung masa pembinaan Tahun 2021/2022 kepada para pemenang, yakni Juara 1 Kabupaten Bangka, Juara 2 Kabupaten Bangka Tengah dan Juara 3 Kabupaten Bangka Selatan,\" ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Sajidin mengatakan prestasi yang diraih petani di wilayahnya adalah bukti bahwa lada masih tetap eksis.

\"Ini merupakan motivasi bagi para Petani di Kabupaten Bangka Tengah, khususnya petani Lada dan membuktikan bahwa komoditas lada masih ada dan eksis, bahkan memberikan kontribusi besar bagi perekonomian Bateng,\" tuturnya.

Ia menuturkan dalam upaya menjadikan lada tetap eksis, pihaknya akan terus mengadakan program pengadaan bibit, kemudian pembianaan di lapangan oleh penyuluh.

Sementara itu, Defu Saputra selaku Ketua Poktan Karya Bersama merasa sangat bersyukur atas prestasi yang telah diraihnya.

\"Alhamdulillah sangat bersyukur, walaupun tidak banyak lagi orang yang mau berkebun lada,\" ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Defu turut berbagi kiat-kita dalam bertani lada. Menurutnya lada adalah komoditas asli Bangka Belitung dan sudah mendarah daging, serta menjadi kebiasaan warga lokal untuk bertani lada.

\"Intinya jangan takut nanam lada, sebab lada adalah komoditi yang berasal dari Babel. Teruslah tanam, jangan menyerah dan tetap berjuang. Tidak perlu takut pada penyakit kuning,\" katanya.

Ia mengaku selama ini Pemerintah sudah banyak membantu pihaknya dalan bertani lada, seperti memberikan pupuk gratis dan fasilitas lainnya.

\"Alhamdulillah bantuan selalu ada, seperti pupuk dan lainnya. Semoga terus ditingkatkan,\" harapnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: