Pimpin Sidak Harga dan Stok Komoditi Pangan, Bupati Algafry : Segera Antisipasi Kenaikan Harga

Pimpin Sidak Harga dan Stok Komoditi Pangan, Bupati Algafry : Segera Antisipasi Kenaikan Harga

KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mengadakan sidak pemantauan harga stok komoditi pangan dan pengawasan keamanan pangan menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah yang terintegrasi bersama Satgas Pangan Kabupaten Bangka Tengah di Pasar Modern Kecamatan Koba, Selasa (26/4/2022).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman bersama Wakil Bupati Bateng, Herry Erfian didampingi Forkopimda Bangka Tengah dan instansi terkait mengelilingi Pasar Modern Koba serta bercengkrama dengan para pedagang terkait dengan harga dan stok komoditas pangan.

Dikatakan Bupati Algafry, berdasarkan hasil pantauan di Pasar Modern Koba didapati beberapa jenis kebutuhan masyarakat seperti ayam, daging HAS, dan ikan tenggiri terpantau naik, sedangkan harga bahan pokok lainnya relatif normal seperti biasa.

\"Hari ini kita melakukan Sidak di Pasar Modern Koba, yang mana dari hasil pantauan tadi memang ada kenaikan harga pada komoditas ayam, daging HAS, dan ikan tenggiri, sedangkan untuk stok daging insyaallah aman,\" ujarnya kepada awak media.

Algafry menekankan agar kenaikan harga ini harus segera diantisipasi bersama, untuk itu pihaknya akan terus melakukan pemantauan harga dan stok komoditi pangan, sehingga diharapkan kenaikan yang ada tidak terlalu tinggi.

\"Alasan para penjual ini memang agak kesulitan mendapatkan stok dan akan kita selidiki terutama pada komoditas ayam, insyaallah akan terus besinergi dengan Satgas Pangan,\" jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (DisperindagkopUMKM) Bangka Tengah, Ali Imron mengungkapkan penyebab beberapa harga komoditi menjadi naik dikarenakan stok suplai dari distributor yang terbatas.

\"Beberapa harga komoditi yang naik, salah satu penyebabnya karena stok suplai dari distributor agak terbatas, bahkan komoditi seperti daging HAS atau murni mengalami kenaikan hingga 10 ribu, sedangkan harga sayuran masih normal dan jika memang nanti ada kenaikan, kita harapkan tidak terlalu tinggi,\" tuturnya.

Dikatakan Ali, selain melakukan sidak di Pasar Modern Koba, pihaknya juga melakukan pemantauan tidak di toko Pelangi, Kecamatan Pangkalan Baru dan distributor di Kecamatan Mangkol.

\"Sidak ini juga kita lakukan di toko Pelangi, Kecamatan Pangkalan Baru dan distributor di Kecamatan Mangkol, di mana kami akan terus berupaya menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang, hal ini mengingat harga beberapa barang sembako sudah naik, termasuk harga daging tadi,\" imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: