Kembali Buka, Pasar Modern Koba Diserbu Pembeli, Sejumlah Pedagang Masih Mudik

Kembali Buka, Pasar Modern Koba Diserbu Pembeli, Sejumlah Pedagang Masih Mudik

KOBA - Pasar Modern Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) akhirnya kembali buka usai libur lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah. Meskipun demikian terdapat pedagang yang masih memilih libur, dengan berbagai alasan termasuk mudik.

Sebelumnya, pedagang di Pasar Modern Koba sempat membuka pasar tumpah atau dadakan, karena Pasar yang masih tutup.

Jika sebelumnya pedagang ayam, daging dan makanan laut tidak ada yang berjualan, hari ini Jumat (6/5/2022), sejumlah pedagang sudah nampak berjualan.

Berdasarkan pantauan Babel Pos di lokasi, meskipun Pasar Modern Koba sudah kembali aktif, namun tidak semua stok bahan pangan tersedia, bahan-bahan seperti bawang, tahu, tempe, cumi dan sotong masih tampak kosong, jikapun ada stok sangat sedikit dan tidak fresh.Stok bahan seperti ikan, udang, ayam, dan daging terpantau ada.

Nampak pula, para pedagang pakaian yang letak kiosnya berada di dalam pasar hampir keseluruhan tutup, bahkan para pedagang ayam dan ikan serta sayur mayur belum semuanya buka.

Koordinator Pasar Modern Koba, Surya Adinata mengatakan kebanyakan pedagang masih ada yang mudik ke kampung halamannya masing-masing, baik itu mudik ke Pulau Jawa maupun ke Pulau Sumatera.

\"Total pedagang di Pasar Modern Koba itu ada sekitar 280 orang dan sebagian memang masih mudik,\" ujarnya.

Salah satu pedagang, Abdul Rasyid mengatakan saat ini harga daging sapi sudah turun dari angka Rp160 ribu per kg menjadi Rp140 ribu per kg, sedangkan harga ayam dari Rp50 ribu per kg menjadi Rp45 ribu per kg, disusul harga minyak goreng Rp24 ribu per liter, dari sebelumnya Rp25 ribu per liter.

\"Alhamdulillah untuk stok ayam maupun daging sudah ada dari distributor, sedangkan pembeli sudah mulai ada meski belum ramai, karena ini baru hari pertama buka,\" tutur Rasyid yang sudah 23 tahun berjualan.

Sementara itu, salah satu pembeli Sita mengaku sudah lebih mudah mendapatkan bahan pangan, dibandingkan hari kemarin.

\"Alhamdulillah stok sudah mulai banyak, seperti sayur mayur, walaupun stok seperti tahu, tempe dan bawang masih kosong. Kita juga susah kalau nggak buka-buka, mau belanja kebutuhan untuk masak, tidak mungkin menunya telor dan mie terus-menerus,\" ujarnya.

Menurutnya, kisaran harga bahan pangan saat ini sudah stabil, jika dibandingkan h-1 menjelang lebaran Idulfitri beberapa hari lalu.

Di lain sisi, saat ini tarif parkir kendaraan di Pasar Modern Koba terpantau kembali ke tarif Rp1 ribu per motor, di mana beberapa hari sebelum hari raya, satu kendaraan dikenai tarif Rp2 ribu per motor.

\"Alhamdulillah kemarin berkah sekali, sampai-sampai kita yang kewalahan karena sedang puasa juga dan untuk saat ini tarif kembali normal,\" ujar salah satu Juru Parkir, Jul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: