Kemenkumham Babel Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-96

Senin 28-10-2024,21:19 WIB
Reporter : Humas Kanwil Kemenkumham Babel
Editor : Tuspen Martutansri

PANGKALPINANG – Peringati hari Sumpah Pemuda ke-96, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan Upacara Bendera di Halaman Kantor Wilayah, Senin (28/10/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Kepala Divisi Administrasi (Dwi Harnanto). Perwira Upacara, Kepala Bidang Zinfokim (Edi Firyan). Sedangkan Komandan Upacara, Kepala Subbidang Penindakan Keimigrasian (Esra Sambolangi).

Membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Ario Bimo Nandito Ariotedjo), Kadivmin Kemenkumham Babel (Dwi Harnanto) mengatakan jika peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928 merupakan sebuah peristiwa penting dimana para pemuda Indonesia menyatakan tekad dan kehendak yang kuat untuk bersatu di tengah kenyataan keragaman untuk menghadirkan negara Indonesia.

“Nilai-nilai agung yang ditampilkan oleh generasi sumpah pemuda 1928 ini harus selalu didengung-dengungkan berkali-kali di setiap waktu untuk menguatkan kesadaran dan karakter bangsa Indonesia, dalam menghadapi berbagai perubahan situasi dan kondisi yang sangat cepat, yang bisa menjadikan kekuatan bangsa terdegradasi hingga melemahkan daya kekuatan bangsa Indonesia untuk menjaga eksisistensi kebangsaaan Indonesia secara lestari,” ujarnya.

Dwi melanjutkan, Bulan Pemuda dan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 ini berbarengan dengan masa transisi pemerintahan baru yang akan mengorkestrasi langkah bangsa Indonesia mewujudkan target Pembangunan jangka menengah sebagai landasan pencapaian target Pembangunan jangka panjang 2045, yaitu terwujudnya Indonesia Emas yang bercirikan kemajuan dan kesejahteraan yang makin tinggi, serta kiprah bangsa Indonesia yang lebih kuat dalam kancah global.

“Momentum ini merupakan kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk memberikan perhatian yang lebih besar kepada agenda-agenda pengembangan kepemudaan sebagai bagian penting dalam Pembangunan Indonesia, baik dalam posisi pemuda sebagai subjek Pembangunan maupun sebagai objek Pembangunan,” kata Dwi melanjutkan pesan Menpora.

Lebih lanjut disampaikan, peran pemerintah daerah sungguh sangat penting untuk menggerakkan pelayanan kepemudaan. Oleh karena itu setiap upaya untuk memperbaiki kebijakan kepemudaan pada tingkat daerah patut mendapatkan penghargaan yang setinggi-tingginya karena hal ini akan berdampak kepada perluasan cakupan dan jangkauan pelayanan kepemudaan semakin meluas hingga tidak ada satu orang pemuda yang tidak mendapatkan pelayanan.

“Momentum peringatan hari sumpah tahun 2024 ini mengangkat tema Maju Bersama Indonesia Raya. Tema ini menyampaikan pesan kepada kita semua, untuk meningkatkan dan memajukan berbagai elemen pelayanan kepemudaan hingga mencapai kondisi Indonesia yang raya, Indonesia yang besar, Indonesia yang sejahtera,” katanya.

Menpora mengajak, pada momentum peringatan hari sumpah pemuda ini, marilah kita bersama-sama melakukan berbagai macam langkah untuk mengembangkan potensi pemuda melalui aktivitas yang mendorong perkembangan kreativitas dan inovasi pemuda Indonesia dengan berbagai cara yang dapat dilakukan.

“Marilah kita bersama membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda Indonesia untuk berpartipasi dalam seluruh dimensi pembangunan Indonesia sesuai dengan kompetensi dan passion masing-masing,” ucapnya.

Upacara Hari Sumpah Pemuda ini turut dilaksanakan juga oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Imigrasi di lingkungan Kanwil Kemenkumham Babel. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Babel, Harun Sulianto turut mengikuti upacara dari BPSDM Hukum dan HAM.

Hadir mengikuti upacara, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kunrat Kasmiri), Kepala Divisi Keimigrasian (Doni Alfisyahrin), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Fajar Sulaeman Taman), serta Para Pejabat Struktural dan Pegawai Kanwil Kemenkumham Babel.

Kategori :