Kolaborasi Tingkatkan Kualitas Data Statistik Sektoral di Bangka Belitung

Kamis 17-10-2024,18:11 WIB
Reporter : Humas BPS
Editor : Govin

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Badan Pusat Statistik (BPS) menggelar acara Pembinaan Statistik Sektoral melalui Sosialisasi Hasil EPSS Tahun 2024 di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Acara ini dihadiri oleh Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama jajaran pejabat tinggi lainnya.

BACA JUGA:Pj Wako Budi Ajak Kafilah Pangkalpinang Terus Ukir Prestasi

Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Sugito menekankan dalam sambutannya pentingnya statistik sektoral dalam pembangunan daerah.

"Data statistik memiliki peran penting dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, serta evaluasi pembangunan," ujar Sugito.

Beliau juga menegaskan bahwa kebijakan berbasis bukti (evidence-based policy) memerlukan data yang akurat agar pembangunan dilakukan berdasarkan fakta di lapangan, bukan asumsi.

BACA JUGA:Bangka Barat Jaga Stabilitas Stok dan Harga Pangan Melalui GPM

Sugito mengapresiasi kerja keras dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yakni BKPSDMD dan Dinas Pendidikan, yang menjadi lokus penilaian Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) tahun 2024.

Ia menyoroti peningkatan signifikan dalam Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang mengalami kenaikan dari 1,75 pada tahun 2023 menjadi 2,78 pada tahun 2024.

“Ini adalah pencapaian yang luar biasa dan menunjukkan bahwa kolaborasi antara BPS dan perangkat daerah semakin kuat.

Peningkatan sebesar 1,03 poin ini mencerminkan adanya perbaikan signifikan dalam pengelolaan dan penyelenggaraan statistik sektoral,” ungkap Sugito.

BACA JUGA:Erzaldi akan Temui Prabowo, Perjuangkan Izin Tambang Rakyat

Sementara itu, Kepala BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Toto Haryanto Silitonga, dalam sambutannya menjelaskan bahwa EPSS tidak hanya sekadar menilai statistik sektoral yang dihasilkan, tetapi juga memastikan bahwa perangkat daerah memiliki dasar yang kokoh untuk menyusun kebijakan pembangunan yang lebih tepat sasaran.

BACA JUGA:Polresta Pangkalpinang Tanam 100 Pohon di Lahan Gundul Kelurahan Air Kepala Tujuh

IPS yang dihasilkan melalui EPSS akan menjadi bahan evaluasi bagi instansi seperti Kemenpan-RB, Bappenas, dan Kemendagri.

Kategori :