Serahkan Saprodi Bibit Cabai, Pj Wako Budi: Semangat Bertani!

Selasa 15-10-2024,09:46 WIB
Reporter : Abote
Editor : Govin

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Lima kelompok tani (poktan) Mekar Asih Kelurahan Tua Tunu Indah mendapat bantuan satuan produksi pertanian (saprodi) bibit cabai dari Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Budi Utama menyerahkan langsung bantuan tersebut di Kelurahan Tua Tunu Indah, Senin (14/10/2024). 

BACA JUGA:Mulkan-Ramadian akan Kembalikan Program Pro Rakyat yang Hilang

"InsyaAllah, kita target tiga bulan cabai ini bisa tumbuh.

Tadi saya juga memberi motivasi jika sudah panen nantinya bisa jual untuk tambah lagi jangan segitu-segitu saja," ungkap Pj Wako Budi.

Dia akan mengupayakan kedepannya untuk menambah bantuan pupuk non subsidi.

Pemerintah Kota Pangkalpinang siap untuk hadir membantu petani selain dari bantuan pusat.

BACA JUGA:Bocoran Spesifikasi Xiaomi Pad 7 dan Pad 7 Pro

"Petani selama ini dapat pupuk subsidi dari pusat. Pemerintah Kota akan hadir membantu para petani untuk pupuk non subsidi," jelasnya.

Budi Utama menambahkan, dari jumlah 3000 petani yang ada, dirinya meminta adanya pendataan kembali petani-petani yang masih aktif.

BACA JUGA:Ahli Pidana Sebut Hutan Lindung Bubus Belinyu Rusak dan Hancur Itu Kategori Tipikor

"Nanti tahun depan, untuk pertama kali akan dianggarkan Rp500 juta biar silang misal Januari pakai subsidi, bulan selanjutnya pakai non subsidi," tuturnya.

Budi Utama mengharapkan jika sudah dianggarkan Rp500 juta, petani bisa membentuk koperasi dan dapat memproduksi pupuk sendiri untuk diperjual belikan.

BACA JUGA:Ini 49 Nama Calon Menteri yang Dipanggil Prabowo, 17 Pejabat Lama

"Ya itu untuk mereka-mereka, jadi uangnya kan bisa muter di situ dan untuk kesejahteraan petani itu sendiri," tambahnya. 

Kategori :