PT Timah Hadirkan Beragam Program Pemberdayaan Mulai dari Penanaman Mangrove hingga Taman Karang

Jumat 11-10-2024,19:27 WIB
Reporter : Agus/Rel
Editor : Govin

//Tingkatkan Ekonomi Nelayan

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Pemberdayaan kelompok nelayan menjadi salah satu fokus utama PT Timah dalam melaksanakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan.

BACA JUGA:Pj Ketua TP PKK Pangkalpinang Dorong Generasi Kreatif dan Wirausaha Cilik

PT Timah menjalankan berbagai inisiatif berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir sekitar operasi penambangannya.

Melalui program tanggung jawab sosial perusahaan, PT Timah berupaya membantu kelompok nelayan meningkatkan produktivitas, memperoleh pendapatan yang lebih stabil, dan mendukung keberlanjutan sumber daya laut.

BACA JUGA:Ini Hasil Audit Stunting Semester II di Bateng

Sebagai anggota holding industri pertambangan MIND ID, PT Timah telah melaksanakan beberapa program untuk kelompok nelayan, termasuk BPJS Ketenagakerjaan (jaminan sosial nasional) untuk nelayan, program Fish Shelter/rumpon, kebun karang, budidaya ikan kakap, program penanaman dan pembibitan mangrove, serta produksi terasi.

Program pemberdayaan nelayan ini dilakukan di Provinsi Bangka Belitung dan Kepulauan Riau.

BACA JUGA:Ini Hasil Audit Stunting Semester II di Bateng

Untuk program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan, total 959 nelayan telah terdaftar dalam program yang difasilitasi oleh PT Timah.

Inisiatif ini diharapkan dapat memberikan perlindungan sosial bagi nelayan, menjamin keselamatan mereka dalam bekerja, serta meningkatkan kesejahteraan dan keamanan mereka dalam menjalankan aktivitasnya.

Melalui program Fish Shelter, PT Timah bekerja sama dengan kelompok nelayan untuk membangun, menenggelamkan, dan merawat fish shelter, yang bertujuan untuk menyediakan tempat berteduh bagi ikan dan meningkatkan populasi ikan di perairan sekitar.

BACA JUGA:Tidak Semua Laut Punya Timah, Askandi: Timah di Laut Beriga Anugerah dari Tuhan

“Dengan adanya penampungan ikan ini, kami berharap nelayan dapat menangkap ikan dengan lebih mudah dan berkelanjutan, sehingga dapat mendukung keberlangsungan sumber daya perikanan,” kata Anggi Siahaan, Kepala Departemen Komunikasi PT Timah, Jumat (11/10/2024). 

Selain itu, PT Timah terlibat aktif dalam pembuatan taman karang untuk melestarikan ekosistem terumbu karang yang sangat penting bagi keanekaragaman hayati laut.

Kategori :