Tambang Timah Tembelok Keinginan Masyarakat

Sabtu 28-09-2024,13:18 WIB
Reporter : Husni
Editor : Jal

Ali mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dan Forkopimda Babar yang telah berusaha membantu mengurus legalitas untuk masyarakat bisa menambang timah di wilayah perairan Tembelok - Keranggan.

"Walaupun belum berhasil, tapi kami apresiasi dan ucapkan terimakasih atas upaya dari Pemda dan Forkopimda," ucapnya.

Ali menduga, diamnya Polres Bangka Barat dan aparat terkait mungkin karena melihat masyarakat Mentok tidak ada yang keberatan atau komplain dengan adanya penambangan timah di perairan Tembelok - Keranggan.

"Yang ribut justru orang dari luar Bangka Barat, saya merasa aneh juga dengan kondisi ini. Sementara di kabupaten lain sebenarnya juga banyak aktivitas penambangan timah yang ilegal seperti di Tembelok," kata dia.

BACA JUGA:Tambang Timah Ilegal Kembali Dirazia

BACA JUGA:Enam Pelaku Tambang Liar Diamankan Dalam OPS PETI, Ini Barang Buktinya

Lebih lanjut Ali menuturkan, saat ini kondisi perekonomian sedang terpuruk. Dengan dibukanya penambangan timah di perairan Tembelok - Keranggan, setidaknya berdampak positif untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat Mentok dan sekitarnya.

"UMKM dan nelayan juga senang karena ekonominya sangat terbantu. Pasar yang selama ini sepi, sekarang ini kembali ramai. Bahkan ada penambang yang belanja barang yang agak bagus atau bermerek berangkat ke Pangkalpinang, karena di Mentok nggak ada yang jual. Artinya, ekonomi menjadi lebih baik," tuturnya.


UMKM sekitar tambang Tembelok Keranggan. --Foto Husni

Ali juga mengucapkan banyak terima kasih kepada penegak hukum yang tidak melakukan penindakan dan penertiban terhadap para penambang timah di perairan Tembelok - Keranggan.

"Aparat bukannya tidak berani menindak penambang yang kerja ilegal ini. Tapi kami yakin mereka berfikir secara bijak, penambangan timah di Tembelok - Keranggan ini telah memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat. Yang penting situasi di lapangan kondusif," kata dia.

BACA JUGA:Komitmen PT Timah Mendukung Pelayanan Kesehatan Gratis bagi Masyarakat di Lingkar Tambang

BACA JUGA:Dukung PP Muhammadiyah Soal Konsesi Tambang, Begini Kajian DPD IMM Babel

Berdampak Pada Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Ali melanjutkan, dibukanya penambang timah di perairan Tembelok - Keranggan telah menciptakan sumber pendapatan bagi nelayan dan masyarakat sekitar.

"Ini bisa dilihat sendiri, berapa banyak warung-warung dadakan yang buka di sini? Tukang ojek perahu dan speed lidah yang antar jemput penambang ke ponton juga dapat rezeki. Mereka semua merasa terbantu secara ekonomi," imbuhnya.

Ali berharap situasi tetap kondusif, sehingga masyarakat bisa bekerja dengan tenang dan hasilnya bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Kategori :