Bateng Siapkan Rp2,1 Miliar untuk Bantu Pokdakan

Selasa 17-09-2024,14:01 WIB
Reporter : Yandi
Editor : Govin

BABELPOS.ID, KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menyediakan dana sebesar Rp2,1 miliar pada 2024 untuk membantu peningkatan produksi dan usaha budi daya para Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan).

BACA JUGA:Direktur Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Dilaporkan ke Itjen Kemenkes RI dan Ombudsman Babel

"Kami sediakan pada tahun ini senilai Rp2,1 miliar untuk peningkatan sarana pendukung pembudidayaan ikan air tawar para pembudidaya yang tergabung dalam kelompok," kata Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah Imam Soehadi, akhir pekan lalu.

Ia menjelaskan anggaran sebesar Rp2,1 miliar tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp1,8 miliar dan Rp300 juta bersumber dari APBD 2024.

BACA JUGA:Vivo Siapkan X200, Ini Bocoran Spesifikasinya

"Bantuan bersifat stimulus dalam rangka mendorong peningkatan produksi perikanan budidaya, terutama usaha budidaya yang dikelola secara berkelompok," ujarnya.

Imam menjelaskan saat ini tercatat sebanyak 131 Pokdakan yang tersebar di seluruh desa pada enam kecamatan di daerah setempat.

BACA JUGA:35 Anggota DPRD Bangka Periode 2024-2029 Dilantik, Ini Nama-namanya

"Dari 131 Pokdakan itu tercatat pula sebanyak 1.196 pembudidaya yang sangat tekun dan fokus mengembangkan usaha perikanan budidaya," ujarnya.

Imam menjelaskan sebanyak 131 Pokdakan itu berhasil memproduksi puluhan ribu ton ikan air tawar karena selalu mendapatkan bimbingan dari para penyuluh perikanan.

BACA JUGA:Personel Polresta Pangkalpinang Berhasil Raih Medali Perak Cabor Lompat Jauh Putra di Ajang PON XXI Aceh-Sumut

Sebanyak 131 Pokdakan itu aktif menjalankan usaha mereka dan terus mendapatkan pembinaan terkait pola pembudidayaan ikan air tawar.

"Selain memberikan pembinaan, pemerintah daerah juga menyalurkan bantuan sarana pendukung agar produksi perikanan air tawar terus meningkat," ujarnya. 

Kategori :