Artika Nabila Syafitri Siap Promosikan Budaya Bangka Belitung di Ajang Duta Budaya Indonesia 2024 di Surabaya

Senin 16-09-2024,11:09 WIB
Reporter : Agus Putra
Editor : Govin

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Artika Nabila Syafitri (17), siswi Kelas XII SMA Muhammadiyah Pangkalpinang dalam waktu dekat akan mengikuti ajang pemilihan Duta Budaya Indonesia yang akan digelar pada 19-21 September 2024 mendatang di Surabaya Jawa Timur.

Perempuam berparas cantik ini merupakan delegasi Duta Budaya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sebelumnya menjadi pemenang dalam ajang pemilihan Duta Budaya Indonesia Tahun 2024 dari Provinsi Kepualaun Bangka Belitung. 

BACA JUGA:Pawai Ta'aruf Maulid Nabi, Arie ; Agenda Tahunan Karang Taruna Basel

Sebelum bertolak ke Surabaya, perempuan kelahiran Sungailiat, 13 Juli 2007 ini pun menyempatkan diri mengunjungi Penjabat Walikota Pangkalpinang Budi Utama, S.STP. M.Si, di kediaman Rumah Dinas Wali Kota Pangkalpinang pada Minggu (15/9/2024). 

Kunjungan tersebut dalam rangka meminta dukungan Pemerintah daerah Kota Pangkalpinang khususnya Pj Wali Kota agar bisa tampil maksimal dan menjadi yang terbaik dalam ajang  pemilihan Duta Budaya Indonesia tersebut. 

BACA JUGA:Pawai Ta'aruf Maulid Nabi, Arie ; Agenda Tahunan Karang Taruna Basel

Menggunakan Batik Pinang Sirih, Artika, sapaan akrabnya menjadi pemenang dalam ajang pemilihan Duta Budaya Indonesia Tahun 2024 dari Provinsi Kepualaun Bangka Belitung setelah mengikuti beberapa proses seleksi yang dimulai dari administrasi, wawancara dan beberapa tugas yang berhubungan dengan budaya. 

Melalui rangakaian panjang itulah akhirnya Artika menerima Surat Keputusan Penetapan sebagai finalis perwakilan Provinsi Bangka Belitung dalam gelaran pemilihan Duta Budaya Indonesia 2024 dari Yayasan Duta Budaya Indonesia.

BACA JUGA:Digital Banking Dinilai Optimal, BSI Raih Penghargaan Best Digital Bank

Artika yang saat ini berstatus sebagai pelajar di SMA Muhammadiyah Pangkalpinang memiliki motivasi antara lain seperti kesempatan untuk memperluas pengetahuan tentang budaya Indonesia dan memperjuangkan serta  mengenalkan warisan budaya Indonesia ke tingkat Nasional maupun Internasional, khususnya budaya dari Bangka Belitung. 

BACA JUGA:KPU Bangka Ikut Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Calon Tunggal di Maros Sulawesi

“Bangka Belitung memiliki banyak sekali keindahan alam, kekayaan budayanya yang masih kental, dan juga keunikan destinasi wisatanya sehingga hal ini juga menjadi motivasi terbesar saya untuk mengikuti pemilihan Duta Budaya Indonesia tahun 2024.

Ini menjadi kesempatan untuk saya memperjuangkan pelestarian budaya lokal Bangka Belitung, termasuk tradisi, bahasa, tarian, musik, dan warisan budaya lainnya, agar tetap hidup dan berkembang," ujar Artika. 

Selain itu, bagi Artika, kegiatan ini menjadi salah satu bagian dalam upaya memajukan sektor pariwisata dan seni budaya di Indonesia, menambah relasi, mengembangkan keterampilan, kesempatan, jiwa sosial, mampu menjadi inspirasi bagi generasi muda agar terus semangat untuk mencintai dan melestarikan budaya warisan budaya bangsa. 

BACA JUGA:KPU Bangka Ikut Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Calon Tunggal di Maros Sulawesi

Kategori :