Dilantik Mendagri, Dirjen PDP Kemendes PDT Sugito Resmi Gantikan Safrizal Jadi Pj Gubernur Babel

Kamis 22-08-2024,16:35 WIB
Reporter : Julian
Editor : Jal

BABELPOS.ID, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik dan mengambil sumpah Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes PDT Sugito S.Sos, MH sebagai Pj Gubernur Bangka Belitung menggantikan Dr. Safrizal ZA.

Prosesi pelantikan itu digelar pada Kamis siang (22/8/2024) pukul 13.00 di Ruang Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C Kemendagri Jln. Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat.

Pada kesempatan tersebut, ada dua Pj Gubernur yang dilantik oleh Mendagri yakni Dr Safrizal ZA sebagai Pj Gubernur Aceh dan Sugito S.Sos MH sebagai Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Sugito merupakan Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan dilantik jadi Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menggantikan Safrizal Pj Gubernur.

Sugito menjadi PJ Gubernur Babel keempat pasca Erzaldi Rosman setelah Ridwan Djamaludin, Suganda Pandapotan dan Safrizal. 

Pelantikan dua Pj Gubernur tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Presiden RI Nomor 95/P/2024 tertanggal 20 Agustus 2024, tentang pemberhentian dan pengangkatan Pj Gubernur Aceh dan Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Selanjutnya Mendagri membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh Safrizal dan Sugito

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Penjabat Gubernur Bangka Belitung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat bangsa dan negara,” kata Mendagri, yang diikuti oleh Sugito.

BACA JUGA:Undangan Pelantikan Beredar, Ini Sosok PJ Gubernur Babel Keempat

BACA JUGA:Besok Safrizal Dilantik Jadi PJ Gubernur Aceh, Ketua DPRD Babel Gak Tahu Sosok Pengganti

Kemudian Muhammad Tito Karnavian melakukan pemasangan tanda pangkat dan penyematan tanda jabatan serta penyerahan SK.

Setelahnya Tito membacakan kata-kata pelantikan Pj Gubernur Aceh dan Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Pelantikan Pj Gubernur Bangka Belitung di Kemendagri turut dihadiri Plt Sekda Fery Aprianto dan sejumlah Forkopimda Bangka Belitung, beberapa Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Pj Bupati Bangka, Haris AR. 

BACA JUGA:Ucap Maaf di Paripurna DPRD, PJ Gubernur Safrizal Pamitan?

BACA JUGA:Ketemu di IKN, PJ Gubernur Ngomong Langsung Minta Naik Royalti Timah Kepada Presiden Jokowi, Begini Responnya

Kategori :