Sawah Desa Rias Terdampak Musim Panas, Petani Mulai Khawatir

Kamis 22-08-2024,10:31 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Jal

BABELPOS.ID, TOBOALI - Musim panas yang terjadi mulai memberikan dampak para petani di Desa Rias Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

Dalam sebulan ini petani desa Rias mengeluhkan embung Yamin sebagai sumber pengairan sawah mereka mulai menyusut.

Perwakilan Kelompok Tani Sinar Bone, Suyuti mengatakan, akibat musim panas ini areal sawah lima kelompok tani mengalami dampak kekeringan. 

"Lima kelompok tani mengalami dampak kekeringan sawah yang diakibatkan kurangnya pasokan air dari embung Yamin karena memasuki musim panas," sebutnya, Kamis (22/08).

BACA JUGA:Petani Rias Keluhkan Bantalan Air Embung Yamin, Riza Pantau Langsung ke lapangan, Begini Katanya

BACA JUGA:Jalan Produksi Sawah Rias Rusak Parah, Belasan Tahun Tak Diperhatikan

Dari lima Poktan ini hampir 175 hektar sawah mengalami kekeringan, dengan satu Poktan mempunyai luas sawah 35 hektar. Saat ini para petani mulai khawatir karena sebagian padi mulai berisi dan menguning.

"Hampir 175 hektar sawah terdampak kekeringan dari kurangnya pasokan air ke sawah akibat musim panas ini," tuturnya.

Selain air yang menyusut, bantalan pintu air turut menjadi faktor air sulit mengalir yang disebabkan air berada di bawah bantalan tersebut.

Bantalan air ini meninggi setalah adanya proyek pembangunan dan perbaikan embung Yamin pada tahun 2023 kemarin, sehingga air tersebut berada sejengkal dari lutut orang dewasa.

"Sebelum ada perbaikan, air di embung Yamin ini masih bisa mengalir lancar walaupun dalam kondisi menyusut parah debit airnya," ucapnya.

BACA JUGA:Proyek Rehab Irigasi 2023-2024 Tepat Waktu, Masyarakat Petani Rias: Terima Kasih Pak Presiden...

BACA JUGA:Desa Rias Sudah Memiliki RMU Canggih, Ini Harapan Bupati Riza

Disebutkannya, musim panas selalu terjadi setiap tahun. Para petani pun telah mengantisipasi agar pasokan air ke sawah masih tetap normal.

Tetapi musim panas tahun ini sangat berbeda dari beberapa tahun terakhir, baru sebulan ini retakan tanah pada areal persawahan sudah terlihat. Jika pasokan air untuk sawah berkurang jauh maka resikonya adalah gagal panen.

Kategori :